#Ekonomi dan Keuangan

Ekonomi Jawa Tengah Tumbuh Positif, Komisi XI Dorong Penekanan Afirmasi Pada UMKM

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Fathan saat bertukar cenderamata usai memimpin kunjungan reses di Semarang, Jawa Tengah, Senin (29/4/2024). Foto: Galuh/vel.
Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Fathan saat bertukar cenderamata usai memimpin kunjungan reses di Semarang, Jawa Tengah, Senin (29/4/2024). Foto: Galuh/vel.

PARLEMENTARIASemarang – Komisi XI DPR RI melakukan kunjungan kerja reses bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) yakni Bank Mandiri, BNI, BRI dan BTN untuk melihat bagaimana peran dua lembaga tersebut dalam memperkuat respons dan implementasi Industri Jasa Keuangan serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jawa Tengah.

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Fathan selaku Ketua Tim kunjungan menilai pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah ini telah tumbuh positif. Ia pun mendorong agar OJK dan Himbara dapat memberikan penekanan antensi dan afirmasi terhadap UMKM dan Pertanian agar porsinya lebih besar sehingga dapat memeberika kontribusi lebih terhadap pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah.

“Saya melihat bahwa Himbara telah bekerja dengan baik, OJK juga telah mendorong situasi kondusif. Beberapa hal yang menjadi atensi kita misalnya pertanian dan UMKM kita dorong supaya porsinya lebih besar sehingga memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah,” ungkap Fathan kepada Parlementaria seusai memimpin kunjungan reses di Semarang, Jawa Tengah, Senin (29/4/2024).

Pertumbuhan positif ekonomi di Jawa Tengah ini terlihat dari perkembangan Dana Pihak Ketiga (DPK) Jawa Tengah per februari 2024 ini sebesar 8,08 (yoy) yang didukung dengan pertumbuhan Giro sebesar 15,68 persen (yoy), Deposito 12,42 persen (yoy) dan Tabungan 4,03 persen (yoy). Serta perkembangan kredit yang juga tumbuh positif sebesar 7,34 persen (yoy).

“Oleh karena itu kita dorong terus sehingga afirmasi kita kepada UMKM, sehingga koordinasi kita OJK dan Himbara berlangsung dengan baik,” terang Politisi Fraksi PKB dapil Jawa Tengah II itu. •gal/aha

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *