#Kesejahteraan Rakyat

Legislator Minta DTKS Kemensos Perlu Dipastikan Kembali Guna Tepat Sasaran

Anggota Komisi VIII DPR RI Achmad saat menyerahkan bantuan secara simbolis melalui Kemensos di Sentra Abiseka Pekanbaru, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau (1/9/2023). Foto: Ulfi/nr.
Anggota Komisi VIII DPR RI Achmad saat menyerahkan bantuan secara simbolis melalui Kemensos di Sentra Abiseka Pekanbaru, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau (1/9/2023). Foto: Ulfi/nr.

Anggota Komisi VIII DPR RI Achmad meminta program Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) terhadap penerima bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) terus dilakukan. Dengan tujuan membantu masyarakat miskin dan rentan, Sehingga program dan bantuan yang dialokasikan untuk penerima manfaat, perlu dipastikan memenuhi kebutuhan dan menjawab permasalahan Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Melalui Kemensos, Komisi VIII DPR RI menyerahkan bantuan untuk Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) senilai total Rp 30.252.595.534 di Sentra Abiseka Pekanbaru, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau (1/9/2023).

“Karena tujuannya untuk dapat meningkatkan ekonomi, jadi jangan sampai bantuan habis di modal saja, Kami dari Komisi VIII DPR RI Terus dorong kebijakan yang pro masyarakat. Kami berikhtiar mewujudkan masyarakat yang sejahtera,” ujar Achmad saat memimpin kunjungan kerja Komisi VIII DPR RI di Sentra Abiseka Pekanbaru.

Dalam bantuan Atensi ini merupakan program dari Kementerian Sosial RI khususnya Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial, untuk membantu kelompok rentan agar bisa berfungsi sosial secara normal dalam menjalani kehidupannya sehari-hari. Program tersebut menggunakan pendekatan berbasis keluarga, komunitas atau residensial melalui kegiatan dukungan pemenuhan kebutuhan hidup layak seperti, pembinaan kewirausahaan, terapi mental spiritual, bantuan sosial serta dukungan aksesibilitas.

Dimana bantuan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas dan lansia berupa kaki palsu, tangan palsu, kursi roda standar, kursi roda anak, kursi roda 3in1, kursi roda 4in1, kursi roda CP, walker, kruk, tongkat netra, tongkat kaki 1, tongkat kaki 3, tongkat kaki 4, matras decubitus, hearing aid, kacamata, stroller, dan tongkat adaptif. Tak hanya itu, paket kewirausahaan dan motor roda tiga (3) juga disalurkan untuk meningkatkan taraf hidup penerima manfaat.

“Jadi kita dari DPR RI bekerjasama dengan Kementrian Sosial menyerahkan berbagai bantuan itu untuk meringankan masyarakat kita terutama masyarakat yang menyandang disabilitas, sehingga dengan bantuan ini mereka lebih bisa berdaya, lebih bisa mandiri dan akhirnya mereka juga percaya diri dalam meningkatkan usaha. Termasuk tadi mahasiswa kita bantu dalam rangka memperlancar kuliahnya. Jadi ini salah satu kunjungan kami dalam rangka penyerahan bantuan berbagai komponen masyarakat yang mengalami displotias seperti itu,” tandas Politisi Fraksi Partai Demokrat. •upi/aha

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *