#Isu Lainnya

Adang Darajatun Apresiasi Peran Aktif Kaum Perempuan Dalam Donor Darah

Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI sekaligus sebagai Ketua Persatuan Donor Darah Indonesia (PDDI), Adang Daradjatun, dalam acara Donor Darah yang digelar oleh Srikandi Donor Darah Indonesia yang bekerjasama dengan Kopassus di Markas Kopassus Cijantung, Jakarta, Selasa (27/2/2024). Foto: Ist/Man.
Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI sekaligus sebagai Ketua Persatuan Donor Darah Indonesia (PDDI), Adang Daradjatun, dalam acara Donor Darah yang digelar oleh Srikandi Donor Darah Indonesia yang bekerjasama dengan Kopassus di Markas Kopassus Cijantung, Jakarta, Selasa (27/2/2024). Foto: Ist/Man.

PARLEMENTARIA, Jakarta – Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI sekaligus sebagai Ketua Persatuan Donor Darah Indonesia (PDDI), Adang Daradjatun, mengapresiasi kaum perempuan yang belakangan ikut berperan aktif dalam penyelenggaraan donor darah. Jika sebelumnya kegiatan donor darah identik dilakukan oleh kaum adam, maka saat ini kaum perempuan pun sudah mulai terlibat aktif dalam penyelenggaraan donor darah. 

“Salah satunya yang dilakukan oleh Srikandi Donor Darah Indonesia. Meski baru berusia satu tahun, namun Srikandi Donor darah ini sangat aktif dan sering menggelar donor darah dan berbagai santunan. Saya sangat mengapresiasi hal tersebut,” ujar Adang dalam acara Donor Darah yang digelar oleh Srikandi Donor Darah Indonesia yang bekerjasama dengan Kopassus di Markas Kopassus Cijantung, Jakarta, Selasa (27/2/2024).

Politisi Fraksi PKS ini berharap kegiatan positif yang dilakukan oleh Srikandi Donor Darah Indonesia ini bisa dicontoh atau diikuti oleh berbagai pihak lainnya. Mengingat saat ini, Palang Merah Indonesia (PMI) yang notabene sebagai salah satu organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang kemanusiaan, termasuk dalam pengelolaan dan pengadaan bantuan darah, masih membutuhkan banyak darah.

Sementara itu Ketua Srikandi Donor Darah Indonesia, Nunun Daradjatun mengungkapkan bahwa donor darah kali ini merupakan yang pertama dilakukan di tahun ini yang digelar untuk memperingati hari ulang tahun pertama organisasi yang diketuainya itu. Nunun bersyukur, sekaligus berterimakasih kepada seluruh anggota Srikandi Donor Darah tentunya, dan PDDI, serta Kopassus yang ikut membantu terlaksananya acara donor darah in, sehingga berlangsung dengan baik dan sangat lancar.

“Dalam kegiatan  donor darah kali ini kami menyiapkan 300 kantong darah untuk pendonor, dan Alhamdulillah antusias pendonor sangat tinggi. Karena donor darah tidak hanya bermanfaat bagi orang lain, namun bagi diri sendiri juga sangat baik bagi kesehatan. Karena saat darah dikeluarkan terjadi proses regenerasi sel-sel darah baru yang lebih menyehatkan lagi,” papar Nunun.

Dalam kesempatan itu, Wakil Komandan grup 3 Kopassus Letkol Inf. Jemi Oktis Oil yang ikut hadir dalam acara tersebut mengungkapkan rasa bangganya bisa ikut terlibat dalam kegiatan sosial donor darah yang diinisiasi oleh Srikandi donor darah Indonesia dan PDDI. Meski demikian, ia menjelaskan bahwa sejatinya kegiatan donor darah juga merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Kopassus. 

Sebab, Jemi bilang, setetes darah begitu berarti bagi hidup setiap insan. Tak berlebihan jika pihaknya turut mendukung penuh kegiatan donor darah yang digelar oleh Srikandi Donor Darah Indonesia dan PDDI. Bahkan, awal Maret mendatang pihaknya juga akan menggelar kegiatan serupa dalam rangka peringatan HUT Kopassus. •ayu/aha

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *