#Industri dan Pembangunan

Komisi V Dorong Percepatan Pengaspalan Jalan Pararel Perbatasan Kalbar-Kaltim

Ketua Komisi V DPR RI Lasarus bersama tim saat meninjau pengaspalan jalan paralel perbatasan Kalbar dan Kaltim dalam kunjungan kerja Reses Komisi V DPR ke Provinsi Kalimantan Barat. Foto: Eki/nr.
Ketua Komisi V DPR RI Lasarus bersama tim saat meninjau pengaspalan jalan paralel perbatasan Kalbar dan Kaltim dalam kunjungan kerja Reses Komisi V DPR ke Provinsi Kalimantan Barat. Foto: Eki/nr.

Ketua Komisi V DPR RI Lasarus mendorong Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera menuntaskan pengaspalan jalan pararel perbatasan yang menghubungkan Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) dan Kalimantan Timur (Kaltim). Hal itu disampaikan Lasarus saat mengunjungi Desa Kareho, Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu dalam rangka kunjungan kerja Reses Komisi V DPR ke Provinsi Kalimantan Barat.

“Kita mendorong supaya pengaspalan jalan pararel perbatasan ini bisa tuntas ya. Paling tidak sampai di Desa Kareho ini. Tadinya target kita sampai di Tanjung Lokang. Karena penduduk itu masih ada sampai di Tanjung Lokang. Tapi kita berharap pengaspalan paling tidak sampai di Desa Kareho ini. Sekarang tidak jauh lagi, tinggal enam kilo lagi,” ujar Lasarus kepada Parlementaria, Kamis (13/10/2023).

Selain itu, Lasarus juga meminta Pemerintah agar melakukan pembangunan jembatan yang bisa lebih memudahkan kehidupan masyarakat di Desa Kareho, baik untuk akses pendidikan maupun untuk akses kehidupan sosial dan ekonomi.

“Kebetulan saya didampingi oleh direktur jembatan (Kemen-PUPR) ya. Jadi beliau melihat sendiri kondisi di sini. Bagaimana kondisi masyarakat. Tadi kita juga wawancara masyarakatnya sudah hidup ratusan tahun di sini. Masih ada beberapa dusun ya di dalam. Yang kita datangi ini baru satu dusun. Desa ini terdiri dari tiga dusun, )yaitu) Sepan, Salin dan Belatung. Jadi, kewajiban kitalah negara untuk hadir bagaimana agar mereka bisa merasakan pembangunan,” imbuh Politisi Fraksi PDI-Perjuangan ini.

“Sekarang jembatan gantung sudah selesai, kemarin diresmikan oleh Pak Menteri dan saya mendampingi. Tapi jalannya masih perlu kita benahi untuk bisa sampai di sini. Kiranya Pembangunan jembatan dan pengaspalan jalan akan bisa lebih memudahkan masyarakat yang tinggal di sini,” tutupnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Desa Kareho, Tahai Tonyok, mengucapkan terima kasih atas dibangunnya Jembatan Gantung Sepan Kareho yang merupakan aspirasi dari Ketua Komisi V DPR Lasarus.

“Jembatan gantung ini mempermudah transportasi masyarakat ke kota, baik untuk kesehatan, pendidikan dan lain-lainnya. Tadinya Masyarakat sangat kesusahan sekali karena hanya bisa menggunakan transportasi air dengan biaya yang begitu besar, sehingga tidak semua masyarakat bisa sekolah maupun berobat ke kota,” demikian Tahai. •eki/rdn

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *