#Industri dan Pembangunan

Putu Supadma Apresiasi Pembukaan Rute Penerbangan Langsung Bali-Papua Nugini

Anggota Komisi VI DPR RI Putu Supama Rudana saat peresmian penerbangan rute Bali-Papua Nugini di Bandara Internasional Ngurah Rai. Foto: Ist/nr.
Anggota Komisi VI DPR RI Putu Supama Rudana saat peresmian penerbangan rute Bali-Papua Nugini di Bandara Internasional Ngurah Rai. Foto: Ist/nr.

Anggota Komisi VI DPR RI Putu Supama Rudana mengapresiasi pembukaan rute penerbangan langsung (direct flight) dari Bali ke Bandara Internasional Jacksons Port Morersby, Papua Nugini. Putu menyebutkan pembukaan rute penerbangan Bali-Papua Nugini ini menjadi hari bersejarah.

“Hari ini bersejarah, satu hal bisa kita wujudkan, yaitu direct flight, historical flight, national flight carier kita, Citilink dengan bendera Merah Putih-nya bisa mendarat di Port Moresby, Papua Nugini,” kata Putu dalam keterangan tertulis kepada media, di Jakarta, Minggu (2/7/2023).

Hal ini disampaikan Putu saat bersama Direktur Utama PT Citilink Indonesia, Dewa Kadek Rai dan Kepala Dinas Pariwisata Pemprov Bali, Tjok Bagus Pemayun meresmikan penerbangan rute Bali-Papua Nugini di Bandara Internasional Ngurah Rai pada hari ini, Minggu. Putu mengapresiasi maskapai penerbangan terkait, pemerintah pusat dan daerah, serta BUMN atas pembukaan rute penerbangan Bali-Papua Nugini tersebut.

“Saya apresiasi Citilink, BUMN, pemerintah Indonesia, Pemerintah Provinsi Bali, Ibu Puan Maharani selaku Ketua DPR, dan para wakil ketua DPR. Kita buktikan bahwa kita bisa wujudkan jika kita bersama bergandengan tangan untuk mencapai satu cita-cita,” kata Politisi Dapil Bali tersebut.

Menurutnya, pembukaan penerbangan Bali-Papua Nugini ini merupakan buah perjuangan parlemen Indonesia untuk memperkuat kerja sama bilateral dengan Papua Nugini. Putu mengaku bolak-balik ke Papua Nugini untuk memperkuat kerja sama dengan negara tetangga tersebut.

Dikatakan Politisi Fraksi Partai Demokrat itu, perjuangan membuka rute penerbangan Bali-Papua Nugini bukan hal yang mudah. Hal ini mengingat hubungan kurang baik antara kedua negara. Untuk itu, Putu terus membangun komunikasi dengan Papua Nugini yang mengedepankan soft diplomacy melalui seni dan budaya.

Dikatakan, penerbangan langsung ke Papua Nugini tertera dalam nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara parlemen Indonesia dengan Papua Nugini.

“Plt Ketua National Parliament of Papua New Guinea Hon Johnson Wapunai saya undang datang ke Bali, kita tampilkan seni budaya. Diplomasi inilah yang membuat hubungan bilateral antara Papua Nugini dengan Indonesia akan jauh lebih baik dan meningkat lagi,” ujar Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI ini. •rdn

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *