#Politik dan Keamanan

Pesan-Pesan Komisi III dalam Peringatan HUT ke-77 Bhayangkara Polri

Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto. Foto: Jaka/nr.
Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto. Foto: Jaka/nr.

Komisi III DPR RI menyampaikan selamat dan pesan-pesan dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Korps Bhayangkara Polri yang jatuh pada 1 Juli. Pesan pertama disampaikan oleh Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto atau  yang kerap disapa Bambang Pacul.

“Selamat Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023, Polri Presisi untuk Negeri, Pemilu Damai Menuju Indonesia Emas,” kata Bambang Pacul kepada media, Sabtu (1/7/2023).

Ia berharap Polri dapat terus mengayomi dan melindungi masyarakat. Dia juga ingin agar Polri senantiasa menjadi penjaga rakyat. “Semoga Kepolisian Republik Indonesia terus mengayomi dan melindungi masyarakat, menjadi penjaga rakyat,” ucap Politisi Fraksi PDI-Perjuangan ini.

Pesan selanjutnya disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni. Menurutnya, era Polri yang dipimpin Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, adalah salah satu yang terbaik.

“Era Polri yang sekarang adalah salah satu yang terbaik. Ada hal yang sangat krusial yang sudah berhasil Polri lakukan, yaitu lebih terbuka menyadari kesalahan, menerima kritik, dan beradaptasi dengan zaman. Hal-hal yang mutlak dilakukan bila ingin menjadi lebih baik,” jelas Politisi Fraksi Partai NasDem itu.

Sahroni menilai Polri kini sudah lebih terbuka atas kesadaran dalam menerima kritik hingga beradaptasi dengan zaman. Dia turut mengapresiasi Kapolri yang telah membawa Polri yang menjadi lebih baik.

“Bila hal-hal tadi tidak dilakukan, Polri bukannya menjadi sahabat masyarakat, melainkan menjadi momok. Maka saya salut pada Pak LSP (Listyo Sigit Prabowo) dan jajarannya telah berani dan rendah hati, mengubah Polri dari dalam menjadi lebih baik dari hari ke hari,” jelasnya.

Pesan di momen HUT Polri juga hadir dari Anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Idris Padjalangi. Ia berharap di momentum HUT Ke-77 ini, Polri dapat menjadi institusi yang senantiasa dicintai publik dan makin profesional, presisi, serta humanis dalam memberikan pelayanan dan informasi kepada masyarakat.

“Saya ucapkan selamat HUT Ke-77 Bhayangkara. Semoga Polri dapat terus mendengar kritik dan saran yang membangun demi kemajuan Polri dan menjalankan harapan pemerintah dalam melakukan reformasi hukum,” kata Politisi Fraksi Partai Golkar ini.

Tidak hanya itu, dia berharap Polri dapat mengawal jalannya pesta demokrasi pada tahun 2024 secara aman dan damai yang akan diselenggarakan dalam beberapa bulan ke depan.

Ditekankan pula bahwa perhelatan pesta demokrasi itu tidak dinodai dengan adanya penyebaran berita hoaks melalui media sosial yang dapat berpotensi perpecahan di tengah masyarakat.

“Hal ini sesuai dengan tema yang diambil dalam HUT Ke-77 Bhayangkara, yaitu Polri Presisi untuk Negeri, Pemilu Damai Menuju Indonesia Emas dan itu harus dapat dibuktikan oleh institusi Polri ke depan,” ujarnya.

Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI itu meminta Polri dapat terus memberikan rasa aman dan nyaman kepada para investor yang akan melakukan investasi di Indonesia, terutama di berbagai daerah.

Hal ini sangat penting guna mewujudkan roda perekonomian yang makin membaik dan terwujudnya harapan pemerintah dalam menuju Indonesia emas.

Pada tahun 2045, lanjut Andi, Indonesia memiliki target menjadi negara maju dan genap satu abad. Untuk itu, perekonomian menjadi salah satu tolak ukur dan titik awal Indonesia.

“Namun, untuk mewujudkan hal itu harus diiringi dengan banyak persiapan yang matang seperti stabilitas keamanan nasional yang baik. Dengan demikian, pelaku bisnis dan investor merasa aman dan nyaman,” pungkas dia.

Peringatan Hari Bhayangkara ke-77 tahun ini digelar di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (1/7/2023) sore. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Bhayangkara yang mengusung tema ‘Polri Presisi untuk Negeri, Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju’.

Kegiatan Polri di GBK juga diramaikan dengan pertunjukan budaya dan konser musik. Mulai dari solois muda Putri Ariani hingga grup band legendaris, Slank, yang mengisi acara ini.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *