#Politik dan Keamanan

Indonesia dan Turki Tingkatkan Kerja Sama di Bidang Pendidikan & Bisnis Teknologi

Ketua GKSB DPR RI-Turki Muhammad Farhan (kanan) saat menerima kunjungan Duta Besar Turki Talip Küçükcan di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Selasa (16/5/2023). Foto: Munchen/nr.
Ketua GKSB DPR RI-Turki Muhammad Farhan (kanan) saat menerima kunjungan Duta Besar Turki Talip Küçükcan di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Selasa (16/5/2023). Foto: Munchen/nr.

Ketua Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR RI-Turki Muhammad Farhan menerima kunjungan Duta Besar Turki Talip Küçükcan, dalam kunjungan ini kedua belah pihak mendiskusikan soal kerjasama di bidang pendidikan dan bisnis teknologi. Kerjasama Indonesia dengan Turki di bidang pendidikan dan bisnis teknologi sebagai upaya untuk meningkatkan hubungan kedua negara yang selama ini.

“Kita ingin melanjutkan kerjasama yang baik, yang selama ini telah terbangun. Saya sebagai Ketua GKSB Turki, tentu mengharapkan agar segera bisa dihubungkan kembali dengan grup kerjasama bilateral Turki yang baru, yang merupakan hasil dari Pemilu Turki yang baru berlalu,” papar Farhan di Nusantara III, Senayan, Jakarta, Selasa (16/5/2023).

Indonesia dan Turki berharap bisa mempererat hubungan diplomatik melalui aspek pendidikan dan kebudayaan antar masyarakat di kedua negara. “Pendidikan dalam hal ini kita ingin memastikan mahasiswa yang mendapat beasiswa pendidikan di Turki mendapat jaminan, khususnya apabila terjadi seperti kejadian 15 juli 2016. Beliau menjawab solusinya adalah mahasiswa dari 16 perguruan tinggi yang ditutup itu sudah dikompensasi masuk ke perguruan tinggi milik negara di Turki,” ungkap Farhan.

Kerjasama di bidang pendidikan dan bisnis teknologi ini sebagai upaya untuk pengembangan SDM yang unggul. “Berikutnya kerjasama di bidang teknologi, di mana perusahaan teknologi di Turki datang ke Indonesia melakukan public exposure kepada lulusan terbaik di Indonesia dan memberikan kesempatan kerja di sana,” jelas Farhan. •ssb/aha

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *