Pastikan Layanan KAI Sesuai Kebutuhan Wakil Rakyat dan Publik Luas
- Juni 16, 2025
- 0
PARLEMENTARIA, Surabaya – Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI menegaskan komitmennya dalam mendorong peningkatan kualitas layanan transportasi darat, khususnya oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI). Hal ini disampaikan dalam kunjungan kerja BURT DPR RI ke Stasiun Pasar Turi, Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya, Jawa Timur yang berlangsung pada Sabtu (15/6/2025).
Wakil Ketua BURT DPR RI, Indah Kurniawati dari Fraksi PDI Perjuangan, menekankan bahwa kunjungan ini adalah bagian dari tanggung jawab untuk memastikan kenyamanan dan keamanan perjalanan anggota DPR RI yang menggunakan layanan PT KAI.
“Sebagai bentuk cinta dan concern kami terhadap peningkatan layanan PT Kereta Api, kami memastikan bahwa Daop 8 telah merencanakan langkah-langkah untuk meningkatkan pelayanan, baik saat penumpang berada di stasiun maupun selama perjalanan,” ujar Indah.
Ia menambahkan bahwa seluruh anggota BURT yang hadir merupakan pelanggan setia kereta api, sehingga memahami secara langsung pentingnya peningkatan layanan tersebut.
“Saya menggunakan kereta api sejak kecil, dan hingga kini menjadi moda transportasi pilihan utama. Begitu juga dengan rekan-rekan BURT seperti Pak Syafiuddin, Pak Eko Wahyudi, dan Pak Wastam. Maka dari itu, kami sangat berkepentingan agar pelayanan PT KAI terus ditingkatkan,” tegasnya.
Dari hasil dialog dan presentasi oleh PT KAI, BURT DPR RI menyatakan optimisme terhadap perkembangan layanan yang ditawarkan. Namun demikian, Indah mengingatkan pentingnya standar pelayanan (service level) yang merata bagi seluruh penumpang.
“Kami harapkan tidak hanya protokoler untuk anggota DPR RI yang dijaga, tetapi service level untuk seluruh pengguna PT KAI harus dijaga secara konsisten. Bukan hanya aman, tetapi juga nyaman,” ujarnya.
Kunjungan ini juga dihadiri oleh anggota BURT DPR RI lainnya seperti Atalia Praratya, Syafiuddin, Eko Wahyudi, dan Wastam, yang turut menyampaikan masukan langsung kepada jajaran manajemen PT KAI. •aar/aha