Layanan Bandara Harus Berorientasi Pada Keselamatan Penumpang
- Februari 17, 2025
- 0
PARLEMENTARIA, Makassar – Selain sektor keselamatan, kelayakaan maskapai, ketepatan jadwal penerbangan, sektor kesehatan di bandara juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan para stakeholder terkait guna memberikan kenyamanan kepada penumpang di bandara.
Hal itu diungkapkan Wakil Ketua BURT DPR RI Indah Kurnia usai memimpin pertemuan dengan jajaran stakeholder bandara Sultan Hasanudin Maros, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (13/2/2025).
“Kita tahu Sultan Hasanudin merupakan airport yang menjadi hub untuk Indonesia Timur semua yang transit disini. Maka tadi mungkin masukan dari kami adalah selain layanan baik itu layanan untuk penerbangan jadwal, keselamatan juga kesehatan bagi penumpang, maupun khususnya Anggota DPR RI yang melakukan perjalanan dinas ke Makassar, jika terjadi serangan atau perlu layanan kesehatan, bisa disiapkan di bandara tanpa harus memerlukan waktu yang lama untuk keluar dari bandara,” ujarnya.
Selain itu, Indah juga berharap kepada stakeholder bandara Sultan Hasanudin Makassar, untuk memperhatikan sektor kuliner andalan Makassar agar ketersediaan dan kemudahan aksesnya di bandara lebih dioptimalkan, mengingat bagi Anggota DPR mobilitas yang tinggi menjadi sedikit tantangan dalam menjelajahi kuliner daerah yang berada di bandara.
“Saya harapkan untuk para produsen makanan yang enak-enak itu dari Makassar, itu ada disediakan semua di bandara tanpa prosedur yang sulit, karena biasanya kalau kami datang kesini kita suka cari ada mungkin coto, Pallu Butung, kemudian Jalangkote kemudian ada minyak tawon dan lain sebagainya sirup, biasanya begitu landing ada waktu sedikit kita bisa belanja mungkin tempat-tempat itu didekatkan dengan pada saat penumpang itu mendarat sehingga semuanya kebutuhan dari penumpang terpenuhi,” ungkapnya.
Indah juga menekankan kepada stakeholder terkait, agar melaksanakan seluruh peraturan dan perundang-undangan terkait otoritas bandara secara baik yang berorientasi pada keselamatan dan kenyamanan pengguna jasa bandara.
“Mereka sudah komit untuk melaksanakan itu semua, dan tentu secara berkala kami melakukan kunjungan kerja untuk memastikan bahwa seluruh peraturan perundang-undangan khususnya tentang layanan dan keselamatan dari penumpang itu sudah dilaksanakan dengan baik,” tutupnya.
Sebagai informasi, stakeholder bandara yang melakukan pertemuan dengan BURT DPR RI adalah Injourney Aviation Service yang dikelola oleh PT. Gapura Angkasa. Perusahaan yang bergerak di bidang penyedia jasa ground handling yang beroperasi di 39 Bandara seluruh Indonesia dan memiliki lini bisnis lainnya, meliputi penanganan kargo dan pergudangan, learning center, layanan asistensi bandara/Joumpa dan lainnya.
Sementara JOUMPA Airport VIP Service adalah sebuah produk unggulan dari PT Gapura Angkasa, yang dirancang untuk memberikan layanan premium bagi penumpang di bandara. Layanan ini bertujuan untuk menciptakan pengalaman yang nyaman dan eksklusif selama berada di bandara yang melayani baik kedatangan, keberangkatan maupun penerbangan transit.
Sebagai tambahan informasi Di penghujung masa bakti DPR RI 2019-2024 yang lalu, tepatnya pada 28 – 30 Juni tahun 2024, BURT DPR RI juga mengadakan kunjungan kerja ke Bandara Udara Internasional Sultan Hasnuddin Makassar. Kali ini, kembali mengunjungi Bandara ini sebagai kunjungan kerja pengawasan keprotokolan yang pertama dalam periode masa bakti 2024-2029. •ndy/aha