#Isu Lainnya

Sekjen DPR Buka Latsar CPNS 2024

Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar dalam foto bersama usai membuka Pelatihan Dasar CPNS di lingkungan Setjen DPR RI, Kamis (20/6/2024). Foto: Farhan/vel.
Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar dalam foto bersama usai membuka Pelatihan Dasar CPNS di lingkungan Setjen DPR RI, Kamis (20/6/2024). Foto: Farhan/vel.

PARLEMENTARIA, Jakarta – Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar membuka Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Setjen DPR RI. Dalam sambutan pembukaannya, ia kemukakan tentang peningkatan kualitas SDM ASN sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan. Menurutnya seluruh CPNS wajib melalui masa percobaan melalui proses pelatihan terintegrasi untuk membangun integritas moral. 

Pada kesempatan ini, Indra menekankan tentang kejujuran, semangat, motivasi nasionalisme, kebangsaan, kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab. Dia juga menyampaikan tentang penguatan profesionalisme serta kompetensi bidang. Latihan Dasar CPNS didesain secara adaptif, dinamis, fleksibel, dan responsif.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Sekretariat Jenderal tahun 2024 Kamis 20 Juni dengan ini saya nyatakan dibuka,” papar Indra di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Kamis (20/6/2024). 

Dalam pembukaan Latsar CPNS 2024 ini, Indra menegaskan tentang pentingnya menjaga integritas dalam organisasi. Ia juga menjabarkan tentang hak yang bisa diterima oleh abdi negara. Kewajiban seorang abdi negara adalah memberikan pelayanan yang terbaik bagi negara dan masyarakatnya. 

“Pada setiap tugas pelayanan kepada masyarakat. Saya mengingatkan kepada kalian semua, termasuk kepada diri saya sendiri, hak kalian itu cuma gaji. Saya ingatkan ya, hak kalian di sini cuma gaji. Yang lain-lain, pangkat, fasilitas, tunjangan dan lain-lain itu bukan hak kalian. Itu adalah hak atasan kalian dalam menilai. Itu kewajiban atasan kalian, itu kewajiban atasan dalam memberikan penghargaan kepada kalian,” tandas Indra.

Ia pun memberikan dua contoh kasus yang tidak patut untuk ditiru. Dalam hal ini Indra ingin menegaskan tentang etika kerja dalam organisasi. “Kalau kalian tidak mempunyai attitude yang baik, kalian tidak pantas berada di sini. Lebih baik kalian cari tempat lain yg kalian bisa seenaknya. Jangan diantara kalian sedini mungkin membangun attitude di dalam diri kalian menuntut berbagai hal sebelum menunjukan kerja-kerja nyata pada organisasi kita, pada organisasi setjen DPR,” imbuhnya. 

Hal lain yang juga disampaikan oleh Indra bahwa Latsar CPNS 2024 ini diselenggarakan secara modern dengan memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Latihan dasar diselenggarakan dalam rangka pembentukan karakter pegawai negeri sipil yang profesional sesuai bidang tugas sehingga mampu mengelola tantangan masalah keragaman sosial kultural dengan menggunakan berbagai perspektif. •ssb/aha

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *