#Isu Lainnya

Puan Ajak Diaspora di Tiongkok Tetap Bersinergi Bangun Bangsa

Ketua DPR RI Puan Maharani saat mengunjungi China Women's University (Universitas Perempuan China) dalam rangka kunjungan kerja di Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Foto: Ist/vel
Ketua DPR RI Puan Maharani saat mengunjungi China Women’s University (Universitas Perempuan China) dalam rangka kunjungan kerja di Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Foto: Ist/vel

PARLEMENTARIA, Jakarta – Ketua DPR RI, Puan Maharani mengajak seluruh perwakilan Indonesia di Tiongkok untuk bersinergi membangun bangsa. Termasuk melalui kerja-kerja pelayanan bagi WNI yang tinggal di Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

“Saya mengharapkan kita semua di Pusat maupun Perwakilan Indonesia di luar negeri dapat terus bersinergi dan saling melengkapi dalam membangun Indonesia,” ujar Puan saat mengunjungi Kantor KBRI Beijing, Tiongkok, Rabu (29/5/2024).

Diungkapkannya, saat ini dunia sedang menghadapi berbagai tantangan dan ketidakpastian baik dalam perekonomian, keamanan, lingkungan dan tumbuhnya generasi muda yang dinamis. Oleh karena itu, pihaknya berharap nantinya semua pihak, termasuk KBRI Beijing, untuk bersikap adaptif dalam menjajaki pemanfaatan berbagai perkembangan teknologi dan pengetahuan inovatif.

“Hal ini karena Tiongkok adalah salah satu mitra terpenting Indonesia. RRT memiliki potensi yang sangat besar dalam mendukung pengembangan teknologi, inovasi dan kapasitas generasi muda Indonesia, untuk bisa terus maju,” jelasnya.

Tidak berlebihan jika kemudian Politisi dari Fraksi PDI Perjuangan ini mengajak seluruh diaspora Indonesia untuk tetap berkontribusi membangun bangsa. Meski tinggal di luar negeri, Puan meyakini seluruh warga Indonesia akan tetap semangat membawa kemajuan bagi negara.

“Saya berharap KBRI Beijing dapat terus berkontribusi bagi kemajuan Indonesia,” tambah Mantan Menko PMK ini.

Dalam kesempatan itu, Ia juga menyampaikan apresiasi atas dukungan KBRI untuk DPR RI yang tengah melakukan kerja diplomasi parlemen di Tiongkok. Puan berharap kunjungan kerja DPR ini dapat menghasilkan manfaat untuk Indonesia dan tugas-tugas dewan ke depan.

“Terimakasih atas sambutan dan jamuannya, sehingga kita semua dapat berkumpul bersama untuk bisa saling mengenal dengan rekan-rekan di KBRI Beijing. Saya berharap kunjungan saya di Beijing akan semakin memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Tiongkok, yang kedepannya tentunya akan berkembang semakin dinamis,” ungkapnya.

Dalam kunjungan kerja ke RRT kali ini, Puan didampingi oleh sejumlah delegasi DPR RI di antaranya Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, Ketua Komisi V DPR RI Lasarus, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris, dan Wakil Ketua BURT DPR RI Dede Indra Permana. Serta, Anggota Komisi III DPR RI Johan Budi, Anggota Komisi IX DPR RI Krisdayanti, dan Anggota Komisi XI DPR RI Masinton Pasaribu. •ayu/aha

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *