#Isu Lainnya

Setjen DPR Kerja Sama dengan BSSN Lakukan Penguatan SDM usai Akun Youtube Diretas

Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR RI Indra Pahlevi saat diwawancarai Parlementaria usai konferensi pers di Media Center, Gedung Nusantara III, DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (7/9/2023). Foto: Munchen/nr.
Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR RI Indra Pahlevi saat diwawancarai Parlementaria usai konferensi pers di Media Center, Gedung Nusantara III, DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (7/9/2023). Foto: Munchen/nr.

Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR RI Indra Pahlevi menekankan pihaknya akan bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk memperkuat kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkup Setjen DPR RI.

Kerja sama ini dalam rangka untuk membenahi kelemahan-kelemahan yang terjadi dalam pengelolaan akun sosial media DPR RI. Sehingga, peretasan akun diharapkan tidak terjadi kembali.

”Misalnya untuk berhati hati bagi admin itu berpindah pindah device. Yang kedua, double protective system yang harus dilakukan. Yang ketiga, untuk tidak menggunakan aplikasi atau sistem yang bajakan. Dan saya pikir pelajaran berharganya seperti itu. Jadi, harus benar-benar jadi perhatian buat kita semua,” papar Indra saat ditemui Parlementaria usai konferensi pers di Media Center, Gedung Nusantara III, DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (7/9/2023). 

Juru Bicara BSSN Ariandi Putra dalam kesempatan yang sama menambahkan penguatan kapabilitas SDM tersebut terkait dengan sumber daya manusia di lingkungan DPR RI, juga terkait dengan proses dan teknologi yang digunakan DPR. 

Ariandi menyebut, BSSN juga mengimbau kepada para pengelola media sosial, admin media sosial dan juga masyarakat secara umum serta penyelenggara sistem elektronik untuk selalu waspada terkait dengan serangan siber terkhusus malware.

ia juga meminta agar selalu waspada akan bahaya phishing dan tidak mengunjungi situs berbahaya. “Selalu bersihkan selesai login, cookie dan browsing history perangkat dan tidak sembarang menginstal extension tambahan di browser,” pungkasnya. •we/rdn

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *