#Non-Isu

Seluruh Parlemen ASEAN akan Responsif Hadapi Tantangan Regional dan Global

Presiden Joko Widodo, bersama Ketua DPR RI (H.C) Puan Maharani dan Sekretaris Jenderal AIPA Siti Rozaimeriyanty Dato Haji Abdul Rahman saat membuka Sidang Umum AIPA ke-44 di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, Senin (7/8/2023). Foto: Runi/nr.
Presiden Joko Widodo, bersama Ketua DPR RI (H.C) Puan Maharani dan Sekretaris Jenderal AIPA Siti Rozaimeriyanty Dato Haji Abdul Rahman saat membuka Sidang Umum AIPA ke-44 di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, Senin (7/8/2023). Foto: Runi/nr.

Sidang Umum ‘ASEAN Inter-Parliamentary Assembly’ (AIPA) ke-44 berlangsung di tengah berbagai tantangan dan permasalahan dunia, yang membutuhkan solusi agar umat manusia mendapatkan kehidupan yang sejahtera dan tentram. Untuk itu, sidang ini menjadi kesempatan bagi Parlemen di Asia Tenggara untuk dapat memperkuat komitmen dalam merespon berbagai tantangan dan permasalahan global dan regional.

“Situasi dunia saat ini masih dihadapkan pada fragmentasi antar negara, ketegangan dan konflik geopolitik, ketimpangan sosial dan ekonomi, kemiskinan, kriminalitas global, trend pelambatan pertumbuhan ekonomi global, ancaman perubahan iklim yang semakin berdampak, dan pemulihan pasca pandemi Covid-19 yang belum tuntas, serta berbagai permasalahan lainnya yang dihadapi oleh rakyat,” jelas Ketua DPR RI (H.C) Puan Maharani dalam pembukaan Sidang Umum AIPA ke-44 di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, Senin (7/8/2023).

Tambahnya, setiap negara dengan kapasitas dan kapabilitasnya akan berupaya maksimal untuk dapat melindungi rakyatnya. Kerjasama antar negara akan sangat membantu apabila kerjasama tersebut dapat memberikan manfaat nyata.

“Majelis Umum AIPA ke-44 menjadi kesempatan bagi Parlemen di Asia Tenggara untuk dapat memperkuat komitmen dalam merespon berbagai tantangan dan permasalahan global dan regional,” tegasnya.

AIPA, sebagai stakeholder yang mewakili perspektif rakyat yang diwakili juga akan berorientasi pada aspirasi rakyat dalam merespons berbagai tantangan serta permasalahan global dan regional. “Aspirasi rakyat adalah mengenai pemenuhan hidup yang aman, tentram, sejahtera, sehat, berkeadaban, bersahabat, dan lain sebagainya,” tutur Puan.

Untuk itu, sejalan dengan tema Majelis Umum AIPA ke-44 “Responsive Parliaments for a Stable and Prosperous ASEAN”, yang merupakan komitmen bersama negara ASEAN dalam ikut menciptakan perdamaian dan kesejahteraan di Asia Tenggara. Sidang ini diharapkan dapat menemukan titik temu komitmen bersama, ditengah perbedaan antar negara AIPA. •gal,ann/aha

#DiplomasiParlemen
#AIPAGA44
#AIPA44

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *