#Industri dan Pembangunan

Komisi VI Dorong Pertumbuhan Ekonomi Lewat Sektor Unggulan

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung saat memimpin pertemuan Kunker Reses Komisi VI DPR RI pada Masa Sidang V Tahun 2022-2023 di Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Jum'at (14/7/2023). Foto: Balggys/nr.
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung saat memimpin pertemuan Kunker Reses Komisi VI DPR RI pada Masa Sidang V Tahun 2022-2023 di Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Jum’at (14/7/2023). Foto: Balggys/nr.

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung memimpin Kunjungan Kerja (Kunker) reses ke kota Batam Provinsi Kepulauan Riau dengan fokus pembangunan infrastruktur menjadi pondasi utama yang disiapkan pihaknya untuk mendorong langkah strategis guna memberikan daya ungkit yang signifikan bagi ekonomi Batam.

“Kota Batam seharusnya menyiapkan diri secara terus-menerus baik itu dari sisi transportasi baik itu dari sisi investasi, guna mendorong perekonomian di Batam,” ujar Martin usai Kunker Reses Komisi VI DPR RI pada Masa Sidang V Tahun 2022-2023 di Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Jum’at (14/7/2023)

Dalam pertemuan ini, pemerintah daerah, asosiasi industri, lembaga riset, dan pemangku kepentingan lainnya untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang tantangan serta peluang yang ada.

“Nah, untuk mencapai itu semua diperlukan persiapan-persiapan infrastruktur nggak bisa ujug-ujug langsung kita mengharapkan Batam itu seperti Singapura itu kan tidak mungkin kalau persiapan-persiapannya tidak dilakukan,” tandasnya.

Di sisi lain, Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Muhammad Rudi mengatakan dalam paparannya bahwa dirinya mulai menyiapkan pondasi utama mulai dari pembangunan jalan arteri hingga 5 lajur, pengambangan Bandara Internasional Hang Nadim, Kawasan Ekonomi Khusus Kesehatan, pengelolaan waduk yang berkelanjutan melalui pembangunan panel surya sebagai energi listrik alternatif hingga modernisasi Pelabuhan Batu Ampar yang telah dilengkapi ‘auto gate system’ dan ‘ship to shore’ (STS) crane paling modern buatan Korea Selatan.

Kunjungan kerja ini diharapkan menjadi tonggak penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Batam melalui pengembangan sektor-sektor unggulan yang memiliki potensi untuk memberikan daya ungkit yang signifikan bagi ekonomi kawasan ini.

“Kita harapkan bisa terus-menerus mempercepat terjadinya pembangunan di kota Batam, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi secara signifikan khususnya di kawasan Batam,” tutupnya. •gys/aha

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *