#Kesejahteraan Rakyat

Sarpras Embarkasi Haji Indramayu Masih Banyak Kekurangan

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily saat bersama beberapa calon jemaah haji di sela-sela mengunjungi Embarkasi Haji Indramayu di Provinsi Jawa Barat, Minggu, (28/5/2023). Foto: Jaka/nr.
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily saat bersama beberapa calon jemaah haji di sela-sela mengunjungi Embarkasi Haji Indramayu di Provinsi Jawa Barat, Minggu, (28/5/2023). Foto: Jaka/nr.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily mengatakan, sarana dan prasarana Embarkasi Haji Indramayu masih banyak kekurangan fasilitas disana-sini untuk menampung jemaah haji yang akan berangkat melalui Bandara Internasional Kertajati. Menurut Ace, yang paling vital terkait kurangnya ketersediaan air.

“Embarkasi Haji Indramayu merupakan bangunan baru dan perdana digunakan untuk jemaah haji, jadi masih banyak kekurangan fasilitas disana-sini. Misalnya tadi, bangunan untuk menurunkan jemaah haji di lobi atas landasan penghubungnya belum jadi. Yang paling vital adalah kekurangan ketersedian air, ini seharusnya bisa disiapkan dari sejak awal,” ujar Ace saat memimpin Tim Kunker Komisi VIII mengunjungi Embarkasi Haji Indramayu di Provinsi Jawa Barat, Minggu, (28/5/2023).

Legislator Dapil Jabar II ini berharap kedepan, berbagai fasilitas pendukung untuk pelayanan terhadap lansia kedepan dipersiapkan lagi, “Walaupun memang tadi seperti eskalator saya lihat sudah tersedia, tentu harus disempurnakan lagi. Seperti maket ka’bah juga belum dibuat, saya kira perlu disempurnakanlah, supaya nyaman buat jemaah,” imbuh Ace. 

Politisi Fraksi Partai Golkar ini menyatakan, pihaknya akan segera meminta Kementerian Agama agar bisa segera memenuhi kekurangan sarpas dari asrama haji indramayu ini. Selain itu juga, kapasitas penginapan asrama haji ini juga harus diperbanyak, agar jemaah haji dibagian utara dan selatan Provinsi Jawa Barat bisa tertampung.

“Kalau ada kesan asrama haji ini dibilang terlalu dipaksakan, menurut saya hal itu tidak bisa dibantah juga. Seharusnya memang infrastrukturnya bisa dipersiapkan terlebih dahulu, karena memang pihak Kanwil Kemenag dan Provinsi Jabar ingin segera Kertajati sebagai bandara internasional yang bisa dibanggakan. Kami dukung, tapi seharusnya dari sejak awal sudah dipersiapkan fasilitas pendukungnya agar jemaah haji nyaman,” ungkap Ace. •jk/aha

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *