#Non-Isu

Guspardi Gaus Dukung LAN Peroleh Tambahan Anggaran 2024 Sebesar 39,8 Miliar

Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus saat mengikuti RDP Komisi II DPR dengan Kepala LAN, Kepala Arsip Nasional (ANRI), dan Kepala Ombudsman RI di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Senin (29/5/2023). Foto: Geraldi/nr.
Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus saat mengikuti RDP Komisi II DPR dengan Kepala LAN, Kepala Arsip Nasional (ANRI), dan Kepala Ombudsman RI di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Senin (29/5/2023). Foto: Geraldi/nr.

Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mengapresiasi kinerja Lembaga Administrasi Negara (LAN). Terbukti, berdasarkan data terkini yang diterimanya, realisasi anggaran LAN mencapai 30,99 persen terhitung bulan Januari-Mei 2023. Pencapaian ini termasuk konsisten, nilainya, jika turut mempertimbangkan capaian realisasi anggaran sebesar 97,73 persen pada tahun 2022 lalu.

Sebab itu, ia berharap dukungan penambahan anggaran LAN tahun 2024 disetujui bersama. “(Mengenai) usul tambahan, akan diatur betul dan diinventarisasi terkait juga kebutuhan-kebutuhan yang mendesak yang rasional. Mudah-mudahan, kami, Komisi II, bisa merekomendasikan tambahan anggaran yang dimintakan (oleh LAN),” tanggap Gaus dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi II DPR dengan Kepala LAN, Kepala Arsip Nasional (ANRI), dan Kepala Ombudsman RI di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Senin (29/5/2023).

Diketahui, demi organisasi pembelajar berkinerja tinggi melalui dukungan pelayanan yang berkualitas dan berbasis elektronik, LAN mengajukan usulan penambahan anggaran tahun 2024 sebesar Rp39,8 miliar. Secara rinci, usulan tambahan tersebut direncanakan untuk kebutuhan renovasi dan rehabilitasi sarana serta prasarana yang dimiliki oleh LAN, penguatan sistem informasi pembelajaran, dan memenuhi kekurangan belanja pegawai.

Maka, Politisi Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN) itu menekankan usulan tersebut patut dipertimbangan oleh elemen pemerintah pusat terkait. Lantaran, ungkapnya, LAN telah membuktikan diri dengan deretan prestasi di tengah keterbatasan anggaran. Mulai dari dianugerahi sebagai institusi dengan kinerja pelaksanaan anggaran terbaik tahun 2022 pada peringkat dua, memperoleh predikat ‘Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak 15 kali, serta ditunjuk sebagai Badan Publik yang Informatif. •ts/aha

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *