#Industri dan Pembangunan

Roberth Rouw Akan Perjuangkan Pembangunan Kantor Pemerintahan Dogiyai-Papua Tengah

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Roberth Rouw di Gedung Nusantara DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (22/5/2023). Foto: Oji/Man
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Roberth Rouw di Gedung Nusantara DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (22/5/2023). Foto: Oji/Man.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Roberth Rouw menegaskan siap memperjuangkan usulan dari DPRD Kabupaten Dogiyai kepada pemerintah pusat khususnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selaku mitra kerja Komisi V maupun kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk membangun kembali berbagai fasilitas sarana dan prasarana kantor pemerintahan yang sempat terbakar beberapa waktu silam di Dogiyai.

“Selaku salah satu Pimpinan Komisi V, saya menerima teman-teman dari Dogiyai ya teman-teman Anggota DPR dari sana dipimpin langsung oleh ketua dewannya dalam rangka memberikan aspirasi dari sana tentang fasilitas-fasilitas pemerintah daerah yang selama ini sudah tidak layak lagi karena kerusuhan di sana sudah terbakar, maka untuk pembangunan sarana-sarana itu, daerah sangat berat untuk bisa melakukan menanggung semua itu,” ujar Roberth di Gedung Nusantara DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (22/5/2023).

“Maka, teman-teman datang kesini untuk bisa meminta ke kami selaku DPR RI yang membidangi infrastruktur untuk bisa membantu berkomunikasi dengan pemerintah khususnya infrastruktur PUPR untuk bisa dapat membantu membangun fasilitas-fasilitas sarana prasarana pemerintah daerah yang sekarang ini memang sudah tidak ada lagi,” sambung Politisi Fraksi Partai NasDem ini.

Terkait hal itu, Roberth menegaskan kembali bahwa ia akan memperjuangkan aspirasi tersebut. Terlebih, sambungnya, tidak lama lagi Komisi V DPR RI bersama pemerintah pusat mitra kerja Komisi V akan menggelar rapat pembahasan anggaran pembangunan tahun 2024. Dengan demikian, Roberth mengharapkan usulan DPRD Dogiyai bisa ada yang diakomodir oleh pemerintah pusat untuk bisa memberikan pembangunan fasilitas-fasilitas yang sangat diperlukan oleh pemerintah daerah.

“Ini yang paling penting, bagaimana pemerintah daerah bisa melayani masyarakat kalau sarana prasarananya tidak ada? Dan itu menjadi kewajiban kami selaku Anggota DPR RI yang mewakili juga daerah pemilihan kami masih satu Papua, maka wajib kami harus memperjuangkan itu memberikan pembangunan fasilitas-fasilitas yang ada saat ini,” tandas Legislator Daerah Pemilihan Papua itu.

Selain itu, Roberth juga menyatakan siap memperjuangkan aspirasi pengadaan angkutan transportasi bus di Dogiyai. “Hari ini mereka sudah hadir kesini, maka tadi saya sampaikan mitra kami itu PUPR, Kemenhub, maka apa saja yang perlu mendapatkan dukungan dari mitra kami di Komisi V supaya mereka juga perlu bus untuk angkutan karena fasilitas itu sangat terbatas disana. Saya kira ya mereka ini sudah terhubung jalur darat sudah sampai ke Nabire ya kan sudah cukup baik. Fasilitas itu sangat dibutuhkan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Dogiyai Yulianus Boga mengungkapkan kehadiran DPRD Kabupaten Dogiyai mengharapkan dari hasil audiensi bersama Komisi V DPR RI tersebut dapat menghasilkan adanya respon positif dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian PUPR maupun Kementerian Dalam Negeri untuk membangun kembali kantor-kantor yang ada di Dogiyai.

“Karena kalau mengandalkan APBD kami tidak mampu. Sehingga itu ya mau tidak mau harus ada perhatian dari pemerintah pusat. Sehingga itu kantor-kantor bisa dibangun kembali kami bisa melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan sebagaimana biasanya. Harapan kami, dari akhir masa jabatan ini, satu dua kantor harus ada kenang-kenangan dari Pak Presiden kepada rakyat Dogiyai,” tutup Ketua DPRD Kabupaten Dogiyai. •pun/aha

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *