#Politik dan Keamanan

‘BKSAP Day’ Bali Tekankan Pentingnya Peran Kebudayaan dalam Pemulihan Pariwisata Pasca Pandemi

Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon (kiri) saat bertukar cenderamata usai memimpin BKSAP Day di Museum Rudana Ubud, Provinsi Bali. Foto: Bunga/nr.
Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon (kiri) saat bertukar cenderamata usai memimpin BKSAP Day di Museum Rudana Ubud, Provinsi Bali. Foto: Bunga/nr.

Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI menyelenggarakan BKSAP Day yang bertempat di Museum Rudana Ubud, Provinsi Bali. BKSAP Day ini mengambil tema ‘Pelibatan Diplomasi Parlemen dan Masyarakat Budaya dalam Pemulihan Pariwisata Pasca Pandemi’ yang dipimpin oleh Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon. 

Usai pertemuan, Wakil Ketua BKSAP DPR RI Putu Supadma Rudana menjelaskan bahwa pertemuan ini menekankan pentingnya peran kebudayaan dalam kehidupan masyarakat serta kesejahteraan dan peran diplomasi terhadap bangsa-bangsa di dunia. 

“Kita tahu betapa pentingnya peran kebudayaan dalam kehidupan masyarakat, begitu juga peran diplomasi kita terhadap negara-negara di dunia. Budaya bukan hanya merupakan aspek penting dari kehidupan kita, tetapi juga menjadi soft diplomacy yang memainkan peran sentral dalam hubungan antarnegara,” ujar Putu Supadma kepada Parlementaria, Senin (22/5/2023).

Legislator Fraksi Partai Demokrat itu juga menekankan bahwa dalam konteks pemulihan pariwisata pasca pandemi, masyarakat budaya memiliki peran yang signifikan. “Ketika kita memulihkan sektor pariwisata, kita harus memahami bahwa masyarakat budaya berperan penting dalam menciptakan pengalaman yang autentik dan menarik bagi wisatawan. Budaya adalah jembatan yang menghubungkan berbagai negara, memungkinkan pertukaran budaya yang saling menguntungkan,” jelas wakil rakyat dari Dapil Bali ini.

Putu menambahkan acara BKSAP Day di Bali ini juga menjadi momentum bagi para delegasi parlemen dan pakar pariwisata serta pegiat seni untuk saling berbagi pengalaman dan ide dalam mengatasi dampak pandemi COVID-19 terhadap sektor pariwisata. Melalui diskusi dan kolaborasi, diharapkan langkah-langkah konkret dapat dihasilkan untuk membangun kembali sektor pariwisata yang kuat dan berkelanjutan.

“Peringatan Hari BKSAP Day ini juga menjadi ajang untuk menggelorakan kembali semangat bangkit kepada seluruh peserta yang hadir termasuk para mahasiswa-mahasiswi Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar terkait kekayaan budaya Indonesia. Dalam suasana yang penuh semangat, pertunjukan seni budaya lokal, seperti tarian tradisional dan pameran seni, turut memperkaya pengalaman para peserta dan menggambarkan keindahan budaya Indonesia,” ujar Putu.

Ia menambahkan BKSAP Day ini diharapkan memberikan dorongan kuat bagi peningkatan diplomasi parlemen dan masyarakat budaya dalam upaya pemulihan sektor pariwisata pasca pandemi. Dengan memanfaatkan potensi budaya sebagai alat soft diplomacy diharapkan sektor pariwisata dapat tumbuh kembali dengan berkelanjutan dan mampu mempromosikan perdamaian serta kerjasama antarbangsa.

Hadir pula dalam acara tersebut Wakil Ketua BKSAP DPR RI Achmad Hafisz Tohir dan Gilang Dhielafararez; Ketua GKSB DPR RI – Papua Nugini, I Made Urip; Anggota BKSAP DPR RI, Linda Megawati dan Mulan Jameela; dan anggota DPR RI Mardani Ali Sera. •blf/rdn

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *