#Non-Isu

Tiga Sekretariat Parlemen Gelar Upacara Harkitnas Ke-115

Suasana Upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 Tahun 2023 yang dilaksanakan di Komplek Gedung Parlemen (DPR, MPR dan DPD RI), Senayan, Jakarta, Senin (22/5/2023). Foto: Devi/Man.
Suasana Upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 Tahun 2023 yang dilaksanakan di Komplek Gedung Parlemen (DPR, MPR dan DPD RI), Senayan, Jakarta, Senin (22/5/2023). Foto: Devi/Man.

Upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 Tahun 2023 yang dilaksanakan di Komplek Gedung Parlemen (DPR, MPR dan DPD RI) berjalan khidmat. Diawali dengan pengibaran bendera Sang Merah Putih dengan iringan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Jenderal DPD RI, Lalu Niqman Zahir, memimpin upacara Harkitnas yang tahun ini mengambil tema Semangat Untuk Bangkit.

Dalam amanatnya, pemimpin upacara, Lalu mengungkapkan rasa syukurnya akan dicabutnya status darurat kesehatan Global untuk Pandemi Covid-19 yang telah menimpa dunia selama kurang lebih tiga tahun terakhir. Barisan perjuangan rakyat Indonesia terbukti tetap erat dalam melaksanakan penanganan pandemi covid 19 sekaligus untuk memulihkan perekonomian bangsa.

“Hal itu menjadi momentum untuk memaknai Hari Kebangkitan Nasional ke-115 ini sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pasca pandemi. Hari kebangkitan nasional hari ini juga, kita maknai dengan memperingati perjuangan bersama kita, Kementerian lembaga, pemerintah daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas dan seluruh elemen bangsa. Untuk saling bahu-membahu, berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa kita dari berbagai krisis Global baik kesehatan, perekonomian hingga geopolitik sekalipun,” ungkap Lalu Niqman Zahir saat memimpin upacara Harkitnas tahun 2023 di Senayan, Jakarta, Senin (22/5/2023).

Dalam kesempatan itu, Lalu juga menjelaskan bahwa Kebangkitan Indonesia di tengah krisis dunia juga ditunjukkan melalui kiprah kita di berbagai forum internasional dunia Telah menyaksikan Indonesia dalam memimpin forum yang beranggotakan 20 negara entitas regional dengan kekuatan ekonomi terbesar yakni G20. Presidency G20 Indonesia di tahun 2022 semakin membawa harum nama Ibu Pertiwi dalam mendorong semangat untuk bangkit di tingkat dunia dengan mengangkat tema ‘recover together’, ‘recover stronger’.

Kepemimpinan Indonesia di tingkat dunia pun terus berlanjut dengan kekuatannya dalam forum ASEAN di tahun 2023 yang efektif berlaku sejak tanggal 1 Januari 2023 yang lalu. Semangat untuk bangkit dan mempercepat pemulihan Global pasca pandemi juga dikobarkan di tingkat regional dengan mengusung tema ‘ASEAN Matters: Epicentrum of Growth’. Dengan mengusung tema tersebut Indonesia ingin menjadikan Asia Tenggara sebagai kawasan yang penting dan relevan bagi seluruh dunia dalam respon tantangan regional maupun Global sekaligus memperkuat posisi ASEAN sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi dunia.

“Dengan semangat yang sama pula kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan Bara Api semangat kebangkitan nasional sembari merapatkan barisan perjuangan kita dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan. Kita juga ingin agar Bara Api semangat kebangkitan yang kita jaga saat ini dapat menjadi Lentera penerangan harapan sekaligus penunjuk jalan bagi perjuangan generasi penerus bangsa kelak,” tambahnya.

Di akhir amanatnya, pemimpin upacara Harkitnas ke-115 itu mengucapkan selamat dalam memaknai dan memperingati hari kebangkitan nasional yang ke-115 bagi seluruh masyarakat Indonesia. Berjuang, belajar, bertumbuh dan terus melangkah maju dengan semangat untuk bangkit. •ayu,frs/aha

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *