#Industri dan Pembangunan

Komisi VI Evaluasi Kinerja BUMN Pada Hari Raya Idul Fitri 1444 H

Ketua Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi VI DPR RI Martin Manurung saat memimpin pertemuan dengan Perwakilan Kementerian BUMN dan 7 BUMN Karya di Bandung, Jawa Barat, Selasa (2/5/2023). Foto : Oji/Man.
Ketua Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi VI DPR RI Martin Manurung saat memimpin pertemuan dengan Perwakilan Kementerian BUMN dan 7 BUMN Karya di Bandung, Jawa Barat, Selasa (2/5/2023). Foto : Oji/Man.

Ketua Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi VI DPR RI Martin Manurung mengapresiasi kinerja Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam menghadapi arus mudik dan arus balik saat libur Hari Raya Idul Fitri 1444H/2023M. Ia mengatakan pada Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2022-2023 ini, Komisi VI melakukan kunjungan kerja ke Bandung, Provinsi Jawa Barat antara lain untuk mendapatkan informasi terkait progres pembangunan jalan Tol Cisumdawu serta Evaluasi kinerja BUMN pada Hari Raya Idul Fitri 1444 H di wilayah Provinsi Jawa Barat.

“Secara umum saya melihat gelombang arus mudik maupun arus balik saat libur lebaran tahun ini berjalan baik. Hal ini tidak lepas dari kinerja BUMN bekerja sama dengan pihak terkait sehingga semua bisa berjalan lancar,” ungkap Martin usai memimpin pertemuan dengan Perwakilan Kementerian BUMN dan 7 BUMN Karya di Bandung, Jawa Barat, Selasa (2/5/2023). Politisi Partai Nasdem ini menambahkan terdapat tiga hal yang menentukan kelancaran mudik, seperti kesiapan prasarana/infrastruktur, pengaturan lalu lintas, dan perilaku pengemudi. 

“Dari sisi prasarana, Tol Cisumdawu sudah siap dimanfaatkan secara fungsional. Dari Cimalaka sampai Dawuan dibuka dua lajur secara gratis untuk arus mudik Lebaran 2023 ini,” imbuh Martin. Legislator Dapil Sumatera Utara ini menjelaskan bahwa jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi 4-Seksi 6 (Cimalaka-Dawuan) sepanjang 29,3 km sudah difungsionalkan untuk arus mudik dan arus balik Lebaran 2023 ini. 

Sebelumnya pada Desember 2022 lalu, Tol Cisumdawu seksi 1-3 dari Cileunyi ke Cimalaka sepanjang 32,5 km telah beroperasi. Dengan demikian Tol Cisumdawu telah tersambung utuh sepanjang 62 km dari ruas tol Cipularang hingga ruas Tol Cipali.

“Setelah arus mudik, ditargetkan seluruh ruas Tol Cisumdawu dapat rampung dan mulai beroperasi penuh pada Juni 2023. Berdasarkan data yang kami terima, akhir Mei atau selambat-lambatnya awal Juni 2023, semua ruas Tol Cisumdawu 62 km sudah operasional, sekaligus untuk mendukung operasional Bandara Kertajati,” tandas Martin.

Sementara itu Subakti Syukur, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk dalam paparannya menjelaskan bahwa dengan dibukanya Jalan Tol Cisumdawu seluruh seksi sebagai jalur mudik Lebaran 2023, maka pengendara dari arah Cileunyi, Bandung bisa langsung tembus sampai ke Kertajati, Majalengka. “Pengguna Jalan Tol Cisumdawu juga dapat menuju Tol Cipali untuk bergabung dalam arus besar jalur Pantai Utara (Pantura) menuju Cirebon berlanjut ke Jateng hingga Jawa Timur,” pungkasnya.

Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi VI DPR RI dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi VI Martin Manurung dan diikuti oleh Anggota Komisi VI Budhi Setiawan, Rudi Hartono Bangun, Melani Leimena Suharli Tomy Kurniawan, Nevi Zuairina, Elly Rachmat Yasin.

Turut hadir dalam pertemuan antara lain Perwakilan dari Kementerian BUMN, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Tbk, Direktur Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, Direktur Utama PT Brantas Abipraya (Persero), Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk, Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan Direktur Utama PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. •oji/aha

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *