#Politik dan Keamanan

DPR RI dan Kongres AS Sepakat Pererat Hubungan Bilateral

Ketua GKSB DPR RI-Parlemen AS Charles Honoris foto bersama usai memimpin delegasi GKSB BKSAP DPR RI menerima Delegasi HDP atau Kongres Amerika Serikat yang digelar di Ruang Delegasi, Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (3/5/2023). Foto : Devi/Man.
Ketua GKSB DPR RI-Parlemen AS Charles Honoris foto bersama usai memimpin delegasi GKSB BKSAP DPR RI menerima Delegasi HDP atau Kongres Amerika Serikat yang digelar di Ruang Delegasi, Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (3/5/2023). Foto : Devi/Man.

Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI-Parlemen Amerika Serikat (AS) sepakat mempererat hubungan bilateral antara DPR RI dengan Delegasi House Democracy Partnership (HDP) atau Kongres Amerika Serikat di berbagai bidang mulai dari sektor perdagangan, investasi dan juga ketahanan.

Hal itu disampaikan Ketua GKSB DPR RI-Parlemen AS Charles Honoris usai memimpin delegasi GKSB BKSAP DPR RI menerima Delegasi HDP atau Kongres Amerika Serikat yang digelar di Ruang Delegasi, Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (3/5/2023).

“Jadi kami mendapatkan kunjungan dari delegasi kongres Amerika Serikat. Tujuan utamanya untuk mempererat hubungan bilateral antar dua Parlemen, ya. Dan tadi sudah kita lakukan diskusi di berbagai hal dari sisi perdagangan, investasi, bahkan ketahanan. Dan kedepan, tentunya kita akan memperkuat kerjasama antar Parlemen dengan memperbanyak kunjungan baik ke Indonesia maupun Amerika Serikat. Jadi ini adalah upaya untuk mempererat hubungan bilateral antara dua negara,” ujarnya.

Tak hanya itu, Legislator Fraksi PDI-Perjuangan ini mengungkapkan dalam pertemuan GKSB BKSAP DPR RI dengan Kongres AS itu juga membahas berbagai hal yang dibidangi oleh lintas komisi yang ada di DPR RI baik dari sisi energi, energi terbarukan, lingkungan, perdagangan, pertahanan dan juga agrikultur.

Selain itu, Charles Honoris menyatakan kedua parlemen juga sepakat dalam mendukung upaya-upaya untuk menjaga keamanan dan stabilitas di kawasan Laut Cina Selatan. “Yang tadi sudah kami sampaikan juga, kami mengapresiasi bahwa Amerika Serikat juga punya keinginan yang sama untuk memastikan bahwa Laut Cina Selatan tetap bisa dilalui ya. Jadi kami mendukunglah aksi perdamaian dan stabilitas negara,” pungkas Charles.

Turut hadir dalam pertemuan GKSB DPR RI dengan Delegasi Kongres AS (HDP) tersebut diantaranya yaitu Marinus Gea, Irine Yusiana Roba Putri, Junico Siahaan, Effendi Simbolon (Fraksi PDI-Perjuangan), Ahmad Doli Kurnia Tandjung, Dyah Roro Esti (Fraksi Partai Golkar), Budisatrio Djiwandono (Fraksi Partai Gerindra), Zulkifli Anwar (Fraksi Partai Demokrat) dan Eddy Soeparno (Fraksi PAN).

Sementara itu, Delegasi HDP AS dihadiri oleh Ketua HDP AS dan Anggota Kongres AS Vern Buchanan, Anggota Kongres AS Norma Torres, Terri Sewell, John Rutherford, Claudia Tenney, Carlos Gimenez, Anna Paulina Luna, Jenniffer Gonzalez Colon, Clerk of the House Mrs. Cheryl Johnson, Direktur Eksekutif HDP AS Derek Luyten, Majority Staff Mr. Sean Brady, USAID Detailee to HDP Ms. Alana Marsili. •pun,fr/aha

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *