Yandri Susanto Tegaskan Keberangkatan Umrah PPIU Untuk Kepentingan Jemaah

[Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto. Foto: Jaka/Man]

 

Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) berangkat menuju Arab Saudi untuk melaksanakan umrah perdana pada Kamis, 23 Desember 2021 lalu. Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto menilai penting bagi PPIU untuk merasakan sendiri pengalaman umrah di tengah pandemi Covid-19. Sebab PPIU juga perlu mengetahui setiap detail pelaksanaan umrah yang diterapkan pemerintah Kerajaan Arab Saudi saat ini. 

 

“Mereka dari pihak penyelenggara travel perlu tahu detail di Tanah Suci sehingga nantinya itu tidak kaget apabila umrah itu betul-betul sudah diberangkatkan," pungkas Yandri dalam keterangan pers yang diterima Parlementaria, Kamis (30/12/2022).

 

Yandri mengaku tidak mempermasalahkan tim advance dari penyelenggaran perjalanan umrah itu untuk berangkat ke Tanah Suci. Hanya saja, harus tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) secara ketat, termasuk melakukan karantina. "Ya enggak apa-apa, yang paling penting prokes, pulang nanti dikarantina,” tandasnya.

 

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu menilai, pengalaman PPIU menjadi penting sebagai referensi manasik para calon jamaah yang akan diberangkatkan kelak. “Ini untuk mereka sampaikan manasik di tengah pandemi bukan hanya nonton atau baca berita tapi merasakan dan melihat langsung semua aturan umrah di tengah pandemi," demikian ungkap Yandri.

 

Diketahui, sebanyak 25 tim advance dari PPIU berangkat ke Tanah Suci melaksanakan umrah perdana. Tim advance tersebut diwakili oleh lima asosiasi yaitu Ampuh, Amphuri, Asphuri, Asphurindo, dan Himpuh. Pemberangkatan awal ini sebagai tindak lanjut atas permintaan asosiasi travel kepada Kementerian Agama agar tetap memberangkatkan jemaah di masa pandemi. Hal tersebut guna memberikan informasi kepada masyarakat, baik terkait umrah di masa pandemi maupun ketentuan baru yang diterapkan Arab Saudi. (tn/sf)

Tim Redaksi

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)