Tinjau Pembangunan Bendungan di Sumedang, Komisi V Dorong Penyelesaiannya Agar Tepat Waktu

[Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras saat meninjau langsung Bendungan Cipanas di Sumedang, Jawa Barat, Jumat (9/9/2022). Foto: Agung/Man]

Komisi V DPR RI mengapresiasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) atas upaya pembangunan Bendungan Cipanas di Sumedang, Jawa Barat. Dalam Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V kali ini, tim yang diketuai Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras mengatakan pihaknya turut mendorong supaya pembangunan bendungan dapat terselesaikan sesuai jadwal.

 

“Kami mendorong agar dapat terselesaikan sesuai jadwal. Supaya dapat segera dirasakan manfaatnya bagi masyarakat sebagai jaringan irigasi,” ujar Andi Iwan saat meninjau langsung Bendungan Cipanas di Sumedang, Jawa Barat, Jumat (9/9/2022). Bendungan ini diketahui bakal menopang kebutuhan air bagi irigasi pertanian di Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Indramayu seluas 9.273 hektar.

 

Dimana selama ini mayoritas sumber air di kawasan pertanian ini masing mengandalkan metode tadah hujan yang hanya menghasilkan satu kali panen dalam setahun. Tak hanya berdampak positif bagi irigasi, menurut Andi Iwan, bendungan nantinya juga menyimpan manfaat bagi masyarakat yakni meningkatnya sumber air bersih, mengurangi dampak banjir hingga potensi wisata bagi kawasan tersebut.

 

Selain mengapresiasi, Politisi fraksi Partai Gerindra itu bilang tim juga ingin mengetahui secara langsung dan menggali informasi atas upaya optimal Kementerian PUPR dalam proses pembangunan Bendungan Cipanas. Tak lupa pula memberikan masukan agar dapat menjadi catatan penting untuk diperhatikan dan mendapat tindak lanjut, dan akan dilaporkan dalam Rapat Kerja bersama Menteri maupun RDP dengan para Eselon I.

 

Turut hadir Direktur Bendungan dan Danau Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Airlangga Mardjono yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Komisi V atas dukungannya selama ini. Pihaknya menerangkan bahwa Bendungan Cipanas masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dibangun sejak tahun 2017 dan berupaya menyelesaikannya sebaik mungkin. (aha)

Tim Redaksi

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)