Tak Hanya Penyelenggaraan, Piala Dunia U-20 Juga Diharapkan Sukses Administrasi dan Ekonomi

[Anggota Komisi X DPR RI Desy Ratnasari saat mengikuti Kunjungan Kerja Spesifik (Kunspik) Komisi X DPR RI ke Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring Sport City (JSC), Sumatera Selatan. Foto: Arief/nr]

Anggota Komisi X DPR RI Desy Ratnasari berharap momentum Piala Dunia FIFA U-20 pada 2023 mendatang diharapkan tak hanya sukses penyelenggaraan, tetapi juga sukses administrasi dan ekonomi. Karena itu, ia berharap pengelola Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang, sebagai salah satu venue kegiatan tersebut, dapat bersinergi dengan UMKM.

Baik dalam hal pembuatan merchandise dan sebagainya. “Sehingga pada saat penyelenggaraan banyak hal yang bisa terbantu serta bermanfaat secara nilai ekonomi untuk masyarakat sekitarnya, tidak hanya dalam konteks penyelenggaraan Piala Dunia U-20 saja,” ungkap Desy saat mengikuti Kunjungan Kerja Spesifik (Kunspik) Komisi X DPR RI ke Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring Sport City (JSC), Sumatera Selatan, Jumat (11/11/2022).

Komisi X, tambahnya, memberikan perhatian penting kepada JSC terkait dengan pemeliharaan (maintenance) serta kemandirian dalam penyediaan anggaran. Karena itu, jika ada infrastruktur yang dinyatakan tidak layak, ia akan menyampaikan hal itu kepada pemerintah untuk mendapatkan tambahan anggaran.

“Dalam konteks fungsi DPR lakukan pengawasan, kita akan sampaikan evaluasi kinerja pemerintah dalam men-support anggaran kepada venue yang bersifat nasional dan bahkan internasional yang pernah digunakan untuk Indonesia sebagai tuan rumah,” terang Politisi PAN itu.

Karena itu, meskipun akan berlangsung beberapa bulan lagi, Komisi X justru akan gunakan waktu tersebut untuk meninjau persiapan event ini. “Kemudian hal-hal apa saja yang harus diperbaiki, sehingga mereka betul-betul siap untuk menyelenggarakan FIFA world cup U-20,” tutupnya.

Menanggapi itu, Direktur Utama  JSC Palembang, Meina Paloh, mengatakan saat ini pihaknya telah melakukan sejumlah tahapan renovasi dan penambahan fasilitas di beberapa venue, khususnya di Stadion Gelora Sriwijaya itu sendiri. Bahkan, untuk mendukung pelaksanaan Piala Dunia U-20 ini, akan mengoptimalkan penggunaan delapan tower wisma atlet.
“Jakabaring Sport City cukup sering dijadikan sebagai tempat gelaran event olahraga, baik nasional bahkan internasional. Jadi memang tahap renovasi di sejumlah venue terus kami lakukan sejak 2020 lalu sebagai bentuk perawatan serta mengoptimalkan berbagai fasilitas lainnya yang memang sudah ada guna mendukung pelaksanaan piala dunia U-20,” ujar Meina. (afr/rdn)

Tim Redaksi

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)