Tahan Laju Inflasi Dengan Penguatan Ekonomi Masyarakat

[Anggota Komisi XI DPR RI Siti Mufattahah saat diwawancara Parlementaria disela-sela kunjungan kerja reses Komisi XI di Manado, Sulawesi Utara, Senin (24/10/2022). Foto: Agung/Man]

Potensi inflasi masih akan membayangi perekonomian global maupun domestik. Penguatan ekonomi masyarakat lewat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi salah satu kunci dalam menahan laju inflasi tersebut. Maka dari itu menurut Anggota Komisi XI DPR RI Siti Mufattahah kelompok-kelompok usaha masyarakat itu perlu mendapatkan dukungan yang maksimal dari pemerintah.

“Perlu dilihat juga peluang bahwa ada beberapa usaha masyarakat yang mampu mendorong devisa, dimana UMKM yang berbasis ekspor misalnya,” sebut Siti saat diwawancara Parlementaria disela-sela kunjungan kerja reses Komisi XI di Manado, Sulawesi Utara, Senin (24/10/2022). Ia mencontohkan misalnya produk gula aren asal UMKM Indonesia yang ternyata banyak diminati oleh pasar luar negeri.

Oleh karena itu, Siti mengatakan bahwa ia mendorong supaya eksistensi UMKM yang ada dapat naik kelas dan semakin maju mengembangkan cakupan pasarnya. Memajukan UMKM dalam negeri untuk bisa menembus pasar ekspor dipahami akan dapat mendorong pemasukan bagi devisa negara yang pada akhirnya mempengaruhi pengendalian inflasi.

Hal ini dianggap penting mengingat ramainya pemberitaan dan informasi seputar potensi resesi ekonomi global di masa mendatang. Soal hal tersebut, Siti mengajak kepada masyarakat Indonesia untuk tetap optimistis dan terus menggalakkan roda perekonomian dengan mencintai produk-produk UMKM buatan anak bangsa.

“Maka kami berusaha untuk mendorong pemerintah memberikan stimulus-stimulus untuk mendukung kegiatan usaha masyarakat, seperti pemberian kredit atau bantuan-bantuan terhadap permodalan bagi para pengusaha pengusaha terutama UMKM yang ada di daerah-daerah,” pungkas Legislator Fraksi Partai Demokrat itu. (aha)

Tim Redaksi

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)