Sambut Enam Senator Prancis, BKSAP: Bahas Diplomasi dan Perdagangan Kedua Negara

[​Ketua BKSAP Fadli Zon saat pertemuan dengan enam Senator Prancis dalam rangka membahas hubungan bilateral kedua negara di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa, (13/9/2022). Foto: Prima]

Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI menggelar pertemuan dengan enam Senator Prancis dalam rangka membahas hubungan bilateral kedua negara. Dimana pertemuan khususnya berkaitan dengan kerja sama bidang diplomasi dan perdagangan yang selama ini terjalin antara Indonesia dan Prancis di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa, (13/9/2022).

“Kami di BKSAP baru saja menerima enam senator dari Prancis yang memang menjalankan misi ke Indonesia. Kami mendiskusikan tentang sejumlah kerjasama karena mereka ini terutama datang dari komisi bidang luar negeri dan pertahanan tentu lebih banyak bicara tentang hubungan kedua negara dari perspektif hubungan luar negeri dan juga pertahanan,” Jelas Ketua BKSAP Fadli Zon saat ditemui Parlementaria.

Lebih lanjut, Politisi Partai Gerindra ini menjelaskan Indonesia sendiri mempunyai hubungan yang baik dengan Prancis, mengingat belakangan ini Kementerian Pertahanan sudah mempunyai semacam agreement dengan pemerintahan Prancis lalu ditindaklanjuti dengan pembelian sejumlah Jet Tempur Rafale dari Perancis.

“Saya kira ini satu langkah erat hubungan Indonesia dan Prancis, Prancis sangat strategis karena bagaimanapun Prancis adalah anggota tetap dari Dewan Keamanan PBB dan saya kira kita mempunyai kepentingan yang sama khususnya di Kawasan Pasifik,” tambahnya.

Turut mendampingi Fadli Zon dalam pertemuan tersebut, Wakil Ketua BKSAP Putu Supadma Rudana, dan Wakil Ketua BKSAP Gilang Dhiela Fararez. “Mereka ingin sekali hubungan dengan Indonesia ini meningkat termasuk karena mereka ini bagian dari Eropa, mereka juga punya comprehensive agreement seperti juga beberapa negara ASEAN lain yang mempunyai hubungan itu dengan Eropa,” tutup Fadli. (we/aha)

Tim Redaksi

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)