Roberth Rouw Mengajak Semua Pihak Mengetahui SOP Gempa

[Wakil Ketua Komisi V DPR RI Roberth Rouw saat rapat kerja Komisi V DPR RI bersama BMKG dan Basarnas, Selasa (22/11/20222). Foto: Arief/nr]

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Roberth Rouw membantah menertawakan Kepala BMKG, terkait video viral yang menarasikan bahwa dia tertawa melihat aksi Kepala BMKG Dwikorita Karnawati yang spontan berlindung di bawah meja saat rapat bersama, ketika diguncang gempa. Ia menjelaskan sempat mencari keberadaan Dwikorita yang tiba-tiba menghilang. Roberth mengatakan mayoritas di dalam rapat tidak ada yang berlindung saat gempa, termasuk dari anggota BMKG dan Basarnas.

“Yang saya tertawain itu kita, karena saya cari Ketua BMKG di mana? Ternyata beliau di dalam, di bawah kursi. Tapi saya lihat, di semua ini tidak turun juga, dari Basarnas tidak ada, dari BMKG di belakang semua di atas ya kan. Apalagi dari anggota, kami tidak tahu,” kata Roberth saat rapat kerja Komisi V DPR RI bersama BMKG dan Basarnas, Selasa (22/11/20222).

Karena tidak semua para hadirin rapat mengikuti apa yang menjadi SOP, Roberth kemudian meminta hal tersebut menjadi evaluasi bagi semua pihak, terutama anggota BMKG, untuk selalu menerapkan SOP yang didapat dalam kehidupan sehari-hari.

“Ternyata begitu Ibu Ketua sampaikan ini harus turun, saya kan bilang benar (harus turun). Ternyata kami ini tidak tahu ya kan, jangan kami anggota Dewan, yang ada di belakang tidak ada satupun yang ikut turun. Berarti Ibu Kepala ini betul-betul dia taat kepada apa yang menjadi concern di dalam. Selalu BMKG menyampaikan bagaimana tindakan-tindakan untuk menghadapi gempa, terutama di dalam gedung. Nah ini saya mohon juga perhatian untuk seluruh jajaran BMKG jangan selalu memberikan Informasi mengajarkan masyarakat, tapi begitu kena gempa sendiri tidak lakukan itu. Ya, betulkan?,” jelasnya.

Sebelumnya, sikap Wakil Ketua Komisi V DPR Roberth Rouw saat memimpin rapat bersama BMKG dan terjadi gempa berpusat di Cianjur, Jawa Barat, dikritik. Sebabnya, Roberth tampak tertawa-tawa saat melihat aksi Kepala BMKG Dwikorita Karnawati spontan berlindung di bawah meja karena getaran gempa Cianjur terasa di lokasi rapat. Momen itu terjadi ketika Roberth Rouw sedang membuka rapat selaku pimpinan rapat. Roberth Rouw menyadari guncangan gempa tersebut. (ssb/aha)

Tim Redaksi

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)