Rano Karno Ingatkan Menparekraf Agar Investasi di Mandalika Tak Mubazir

[Anggota Komisi X DPR RI Rano Karno pada Rapat Kerja Komisi X dengan Menparekraf Sandiaga Uno di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Rabu (17/3/2022). Foto: Tari/Man]

 

Gelaran MotoGP 2022 Seri 2 yang diselenggarakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Mandalika, Nusa Tenggara Barat, pada 18-20 Maret mendatang berhasil menyedot banyak perhatian masyarakat. Pembangunan di Mandalika pun telah digenjot dalam beberapa tahun terakhir, baik yang melibatkan investor lokal maupun asing. Dengan pembangunan yang masif, Anggota Komisi X DPR RI Rano Karno mempertanyakan keberlangsungan acara tahunan di Mandalika pasca MotoGP nanti dan WSBK yang lalu. 

 

“Kita tahu investasi di Mandalika ini besar sekali. Saya enggak tahu, return-nya berapa tahun, tapi barangkali apakah Kementerian Bapak (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) ini akan menjadi penyelenggara kegiatan tahunan atau nanti ditunjuk lagi? Karena pertanyaan saya, di luar MotoGP besok ini, apakah di Mandalika itu ada kalender (acara) lain? Agar pembangunan di Mandalika ini bermanfaat dan padat,” ujar Rano pada Rapat Kerja Komisi X dengan Menparekraf Sandiaga Uno di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Rabu (17/3/2022).

 

Politisi PDI-Perjuangan itu berharap gelaran akbar di Mandalika tidak hanya terhenti di pelaksanaan MotoGP dan WSBK. Rano mendorong agar Mandalika memiliki jadwal acara sepanjang tahun agar pariwisata di kawasan tersebut dapat terus ramai dikunjungi. Legislator dari daerah pemilihan (dapil) Banten III ini menyarankan agar diadakannya kejuaraan-kejuaraan lokal seperti Indonesia race di lokasi tersebut

 

“Nah, mudah-mudahan agar pariwisata di sana tidak berhenti hanya event di MotoGP saja,  investasi hotel besar, investasi masyarakat Indonesia yang ada yang hostel juga besar tapi kalau dikunjungi hanya tanggal 20 Maret kemudian setelah itu 1 tahun lebih kosong. Mubazir Pak Menteri. Jadi barangkali sudah harus dibayangkan juga, didesain apakah kejuaraan lokal Indonesia race atau mungkin motor atau mungkin balap minimal kalender kegiatan olahraga di Mandalika ini padat, sehingga kunjungan pariwisata tidak terputus gitu,” tambah Rano.

 

Pada rapat kerja tersebut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memberikan paparan terkait persiapan penyelenggaraan MotoGP 2022 Seri 2 di Mandalika dan strategi pemulihan Parekraf pasca melandainya Covid-19 di Indonesia. Pada kesempatan yang sama disampaikan juga informasi terkait Kharisma Event Nusantara sebagai Calendar of Event pariwisata Indonesia sepanjang 2022. (uc/sf)

Tim Redaksi

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)