Putu Supadma: Parlemen Dunia Apresiasi Penyelenggaraan Sidang IPU ke-144

[Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana berbincang dengan Ketua DPR RI DR. (H.C.) Puan Maharani usai penutupan Sidang IPU ke-144 di Nusa Dua, Bali Kamis (24/3/2022). Foto: Runi/Man]

 

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana menyampaikan, bahwasanya delegasi parlemen dunia mengapresiasi Parlemen Indonesia atas terselenggaranya Sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 di Nusa Dua, Bali 19-24 Maret 2022.

 

"Pertama yang bisa kita highlight, bahwa semua delegasi berbagai negara menyampaikan apresiasi kepada Parlemen Indonesia atas penyelenggaraan dan hospitality-nya yang sangat baik selama kegiatan IPU ini," ujar Putu kepada awak media usai penutupan Sidang IPU ke-144 di Nusa Dua, Bali Kamis (24/3/2022).

 

Bahkan, sambung Putu, dari dialognya dengan banyak delegasi parlemen dunia, penyelengaraan di Nusa Dua Bali ini merupakan yang terbaik dari yang pernah diadakan sebelumnya. Karena, selain menyajikan destinasi wisata yang ada di Bali, ada banyak makna dan isu yang dibahas di Sidang IPU kali ini.

 

"Adanya pandemi Covid-19 selama dua tahun membuat beberapa kegiatan belum bisa dilakukan. Namun akhirnya kita bisa bertemu parlemen dari 115 negara di Bali untuk menghasilkan deklarasi Nusa Dua. Tentunya yang terpenting adalah mengawal isu yang menyangkut kedamaian di Eropa Timur yaitu Rusia dan Ukraina," tuturnya.

 

Kemudian yang paling penting dan patut disyukuri menurut Putu dari perhelatan ini adalah sebagai momentum untuk membuka kembali sektor pariwisata menuju pemulihan ekonomi. Mengingat, sektor ini merupakan salah satu yang paling terpukul akibat pandemi Covid-19.

 

"Momentum ini adalah momentum yang baik untuk bangkitnya kepariwisataan Indonesia khususnya kepariwisataan Bali yang memang selama dua tahun ini sangat terpukul. Saya yakin ini akan berdampak baik dan parlemen kita turut membantu pemulihan ekonomi nasional, membangkitkan kepariwisataan indonesia dan di Bali," jelas Putu.

 

Atas nama masyarakat Bali yang diwakilinya, Putu merasa bangga dan terharu, karena Sidang IPU yang menghadirkan ratusan delegasi parlemen dunia sukses digelar di Bali. Apalagi memang sudah sejak lama masyarakat Bali ingin menggelar even bertaraf internasional.

 

"Tetapi jangan berhenti di sini, dimana pembukaan bandara telah dilakukan dan juga hubungannya karantina sudah tidak ada lagi. Sehingga kedepan kita berharap masyarakat dapat manfaat seluas-luasnya dari even ini," tukas politisi Fraksi Partai Demokrat itu. (es)

Tim Redaksi

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)