Pembangunan Duplikasi Jembatan Kapuas I Dapat Kurangi Beban yang Semakin Padat

[Ketua Komisi V DPR RI Lasarus memimpin Kunjungan Kerja Reses ke Kalimantan Barat. Dalam pengawasan ini tim kunjungan kerja Komisi V meninjau langsung lokasi pembangunan Jembatan Paralel Kapuas I di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (12/7/2022). Foto: Eko/Man]

 

Ketua Komisi V DPR RI Lasarus memimpin Kunjungan Kerja Reses ke Kalimantan Barat. Dalam pengawasan ini tim kunjungan kerja Komisi V meninjau langsung lokasi pembangunan Jembatan Paralel Kapuas I di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (12/7/2022). Menurut Lasarus duplikasi Jembatan Kapuas I mendesak untuk dibangun guna mengurangi beban jembatan yang kian hari semakin padat dilalui kendaraan.

 

Bahkan dia mengungkapkan rencana pembangunan Jembatan Paralel Kapuas I akan mulai dikerjakan tahun ini dan pemenang lelang proyek pengerjaan pembangunan sudah diumumkan. "Dalam waktu dekat pemancangan tiang pertama (groundbreaking) segera dilaksanakan menandai mulai dikerjakannya proyek pembangunan Jembatan Paralel Kapuas I yang akan berdampingan dengan Jembatan Kapuas I yang sudah ada," kata Lasarus di Pontianak.

 

Politisi dari Fraksi PDI Perjuangan ini menjelaskan, alokasi anggaran pembangunan jembatan tersebut lebih dari Rp30 miliar dari total alokasi anggaran sebesar Rp200 miliar. Sebagaimana diketahui, Jembatan Kapuas I yang ada saat ini sudah melebihi kapasitas, kemudian dari sisi keamanan juga berbahaya karena jembatan tersebut pernah ditabrak kapal tongkang beberapa kali.

 

Saat meninjau lokasi pembangunan duplikasi jembatan Kapuas I Tim Kunker Komisi V didampingi oleh mitra kerja Komisi V, turut hadir Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan, Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, dan Ketua DPRD Kota Pontianak Satarudin. Lasarus berharap dengan adanya pembangunan jembatan bisa mengurangi kemacetan jalan. 

 

"Lalu lintas di kawasan ini padat, kita berharap dengan pembangunan Jembatan Paralel, maka kemacetan bisa tertangani dan bisa membagi beban jembatan yang sudah ada sekarang," ungkap Lasarus. (eko/aha) 

Tim Redaksi

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)