Nihayatul Wafiroh Dorong Pengembangan Keterampilan Santri Jombang

[Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh saat memimpin Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi IX DPR RI ke Pondok Pesantren Tebu Ireng, di Kabupaten Jombang,  Jawa Timur, Senin (27/12/2021). Foto: Rizki/Man]

 

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh melihat Kabupaten Jombang sebagai kota santri yang dikenal sangat unik, dikarenakan banyaknya jumlah santri atau siswa yang mengikuti pendidikan pada institusi pendidikan Islam (pondok pesantren) baik yang berasal dari dalam atau luar wilayah ini.

 

“Jombang ini sangat unik, karena ada banyak sekali pesantren dan terdapat sekitar 45.000 santri di Kabupaten Jombang,” kata Ninik, sapaan akrabnya, usai memimpin Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi IX DPR RI ke Pondok Pesantren Tebu Ireng, di Kabupaten Jombang,  Jawa Timur, Senin (27/12/2021).

 

Melihat potensi tersebut, Ninik menilai pemerintah daerah perlu mendorong kesempatan bagi para santri untuk mengembangkan keterampilannya dalam berbagai bidang pekerjaan sehingga nantinya santri dapat masuk ke berbagai bidang tenaga kerja. “Bagaimana santri ini juga bisa punya kesempatan untuk belajar soal keterampilan-keterampilan,” jelas politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut.

 

Sebelumnya, Ninik bersama Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi IX DPR RI juga sempat melakukan peninjauan ke Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja (UPT BLK) Kabupaten Jombang. Di tengah peninjauan, Ninik juga sempat menyampaikan perhatiannya terkait pengembangan keterampilan santri sebagai tenaga kerja.

 

“BLK ini bukan hanya peserta yang datang, tapi juga menyediakan instruktur yang bisa berkunjung, karena santri ini kalau untuk keluar pesantren itu sulit,” ungkap legislator daerah pemilihan (dapil) Jatim III tersebut. Menurut Ninik, tersedianya instruktur dari UPT BLK yang dapat berkunjung ke seluruh pondok pesantren di Jombang dapat sangat bermanfaat bagi para santri untuk terampil dalam berbagai bidang pekerjaan.

 

“Instruktur bisa datang untuk memberikan berbagai training mulai dari menjahit, desain grafis, kerajinan dan sebagainya. Hal itu sangat bermanfaat bagi santri,” pungkasnya. Dalam rangkaian kegiatan di Jombang, Komisi IX DPR RI juga sempat berziarah ke makam Presiden Republik Indonesia ke-4 K.H Abdurrahman Wahid. (rr/sf)

Tim Redaksi

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)