Mengembalikan DAS Kali Bekasi Guna Kendalikan Banjir

[Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras saat memimpin Kunjungan Kerja ini dalam rangka mengembalikan fungsi dari Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Bekasi di Kota Bekasi di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (26/8/2022). Foto: Eko/Man]

 

Perkembangan pembangunan di Kota Bekasi telah menyebabkan perubahan fungsi lahan yang sangat agresif akibatnya kali Bekasi tidak mampu menampung debit hujan yang tinggi. Bahkan lebih dari itu pendangkalan sungai pun telah memperburuk keadaan. Pada akhirnya luapan banjir masuk ke pemukiman penduduk sehingga melumpuhkan aktivitas ekonomi masyarakat dan kegiatan pelayanan masyarakat di beberapa wilayah Kota Bekasi.

 

Atas dasar itu Komisi V DPR RI melakukan kunjungan kerja spesifik dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras. Dalam Kunjungan ini Komisi V meninjau secara langsung pembangunan sarana prasarana infrastruktur khususnya pembangunan normaslisasi kali Bekasi untuk pengendalian banjir dan menginvetarisasi bila ada kendala atau usulan lain yang terkait dengan pembangunan tersebut.

 

"Tujuan dilaksanakannya Kunjungan Kerja ini dalam rangka mengembalikan fungsi dari Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Bekasi di Kota Bekasi dan juga untuk melaksanakan sebagian fungsi dan tugas DPR RI, khususnya yang berkaitan dengan fungsi pengawasan," papar Andi Iwan di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (26/8/2022).

 

Politisi dari Fraksi Partai Gerindra ini menyampaikan bahwa normalisasi Kali Bekasi ini sangat diharapkan oleh masyarakat Kota Bekasi semenjak banjir besar yang melanda setiap tahunnya. Kejadian banjir tiga tahun belakangan ini di wilayah Kota Bekasi, yaitu bulan Januari 2020, bulan Februari 2021 dan bulan Juli 2022, di mana peningkatan wilayah yang terdampak banjir semakin luas, menyebabkan lumpuhnya sarana prasarana infrastruktur, pelayanan umum ke masyarakat dan merendam wilayah perumahan yang menjadi pemukiman masyarakat.

 

"Kehadiran Komisi V di saat ini, ingin mengetahui secara langsung atas permasalahan yang ada, dan menggali informasi, atas upaya optimal Kemen PUPR, dalam mengatasi permasalahan ini, agar tidak terulang lagi di kemudian hari," ujar Andi Iwan.

 

Tak hanya itu dalam kesempatan kunjungan tersebut, Komisi V juga  menyerap aspirasi dari Pemerintah Daerah dan masyarakat Kota Bekasi atas program-program pembangunan infrastruktur Kemen PUPR Khususnya pembangunan normalisasi kali Bekasi untuk pengendalian banjir di Kota Bekasi. (ssb/aha)

Tim Redaksi

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)