Marwan Jafar Berharap Teh Botol Sosro Dapat Mendunia

[Anggota Komisi VII DPR RI Marwan Jafar saat mengikuti Kunjungan Kerja ke salah satu Pabrik Teh Botol Sosro di Gianyar, Bali, Rabu (19/10/2022). Foto : Naefuroji/mr]

Anggota Komisi VII DPR RI Marwan Jafar berharap produk minuman teh Indonesia asal Slawi Jawa Tengah yang terkenal dengan brand Teh Botol Sosro bisa menjadi produk nasional yang mendunia. Hal tersebut diungkapkannya saat meninjau salah satu Pabrik Teh Botol Sosro di Gianyar, Bali, Rabu (19/10/2022).

“Salah satu caranya untuk mendunia adalah misalnya dengan menjadikan Teh Botol Sosro sebagai minuman resmi dalam perhelatan G20 di Bali yang akan diselenggarakan pada November tahun ini,” usul Marwan saat pertemuan dengan Direksi PT Sinar Sosro yang juga dihadiri Staf Ahli Industri Agro Kementerian Perindustrian serta Perwakilan Dinas Perindustrian Provinsi Bali.

Sebagai industri minuman yang berawal dari usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan kini telah berkembang dan memiliki 12 pabrik tersebar di seluruh Indonesia, lanjut Marwan maka sudah selayaknya teh botol Sosro berani tampil sebagai produk nasional yang original dan mendunia.

“Dari data pemerintah, pada periode Januari hingga Juni 2022, ekspor industri makanan dan minuman mencapai USD21,3 miliar, meningkat 9% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2021 sebesar USD19,5 miliar. Industri makanan dan minuman mampu menarik investasi sebesar Rp21,9 triliun hingga kuartal II tahun 2022 dan menyerap tenaga kerja hingga 1,1 juta orang,” imbuh Politisi Fraksi PKB ini.

Namun demikian, Legislator Dapil Jawa Tengah III ini juga mendorong agar PT.Sinar Sosro mengedepankan penggunaan bahan baku gula lokal (sukrosa) ketimbang impor dalam proses produksinya. “Penggunaan gula lokal akan mengurangi ketergantungan impor sekaligus meningkatkan produktivitas petani tebu kita. Dan tak kalah pentingnya peran CSR (corporate social responcibility) juga sejauh ini bagi komitmen pengembangan UMKM sekitar,” tutup Marwan yang juga mantan Kemendes ini.

Perwakilan PT. Sinar Sosro,  Sabrina Kharisanti mengemukakan perusahaannya memiliki sebuah visi “The Indonesian World Class Beverage Company” yakni untuk menjadi perusahaan minuman kelas dunia, yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen, kapan saja, dimana saja, serta memberikan nilai tambah untuk semua pihak terkait. “Dengan inovasi secara terus menerus, PT. Sinar Sosro diharapkan bisa menjadi penopang industri makanan dan minuman di Indonesia,” tandasnya. (oji/aha)

Tim Redaksi

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)