Luluk Nur Hamidah Apresiasi Dukungan Berbagai Pihak dalam RUU TPKS

[Anggota Badan Legislasi Luluk Nur Hamidah dalam konferensi pers usai pengesahan RUU TPKS menjadi RUU inisiatif DPR. Foto: Oji/nvl]

 

Anggota Badan Legislasi Luluk Nur Hamidah mengapresiasi berbagai pihak yang telah memberikan dukungan kepada DPR RI, sehingga Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) dapat disahkan menjadi RUU inisiatif DPR. Menurutnya, selama ini berbagai pihak telah memberikan solidaritas dan dukungannya agar RUU ini dapat segera dibahas di DPR.

 

"Apresiasi kita tentu juga kepada Pimpinan DPR yang pada akhirnya memiliki sense of crisis seperti yang kita semula khawatirkan, tetapi hari ini ternyata sudah diambil keputusan dan itu alhamdulillah. Tentu juga terima kasih kepada semua fraksi yang memberikan dukungan dan persetujuan agar RUU ini akhirnya menjadi RUU inisiatif," ujarnya dalam konferensi pers usai pengesahan RUU TPKS menjadi RUU inisiatif DPR, di selasar Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Selasa (18/1/2022).

 

Lebih lanjut politisi PKB ini juga mengapresiasi jaringan masyarakat sipil, khususnya para pembela hak-hak korban kekerasan seksual, Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan, organisasi sosial kemasyarakatan, perguruan tinggi, dan semua pihak yang memberikan masukan penting dalam RUU TPKS.

 

"Kerja-kerja kita ini memang masih akan kita lalui beberapa tahap lagi ke depan, karena memang pembahasan justru baru akan dimulai setelah rancangan undang-undang ini disahkan sebagai inisiatif DPR pada hari ini," imbuhnya. Untuk itu, Luluk meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk segera sesegera mungkin dapat menerbitkan Surat Presiden dan Daftar Isian Masalah (DIM), sehingga kemudian dapat dibahas bersama DPR.

 

Selain itu, Luluk juga berpesan agar instansi yang nantinya berkaitan langsung dengan implementasi RUU TPKS agar dapat bersiap diri. "Kesiapan dari jajaran Polri misalnya, termasuk juga kehakiman atau bahkan kejaksaan, sehingga semuanya berada dalam satu semangat yang sama dan kesiapan yang sama untuk bisa menghadirkan sistem peradilan yang berkeadilan khususnya bagi korban," pesan legislator dapil Jawa Tengah IV tersebut.

 

Terakhir, Luluk berharap masyarakat dan media dapat mendukung dan mengawal proses pembahasan RUU TPKS nantinya. "Maka dukungan masyarakat sipil dan dukungan rekan-rekan media sangatlah penting untuk bisa mengawal dan memastikan, agar jangan sampai diproses pembahasan nanti akan ada para pembajak yang berada di tikungan yang kemudian membelokkan semangat dan roh dari RUU ini," harapnya. (bia/sf)

Tim Redaksi

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)