Kunjungan Menteri Pendidikan Singapura, Gus Muhaimin Bahas Peluang Kerjasama dengan Madrasah

 
[Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar saat bertukar cenderamata usai menerima kunjungan dari Menteri Pendidikan Singapura Chan Chun Sing di Gedung Nusantara III. Foto: Munchen/nvl]

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar menerima kunjungan dari Menteri Pendidikan Singapura Chan Chun Sing di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta pada Selasa (18/10/2022). Pada pertemuan tersebut sempat dibahas mengenai peluang kerjasama antara Indonesia dan Singapura di masa mendatang.

“Hari ini ada (kunjungan) Menteri Pendidikan dari Singapura ternyata mant an atase di Jakarta, mantan Menteri Perdagangan. Jadi sudah seperti saudara dan sudah paham betul kelebihan-kelebihan Indonesia dan paham betul tentang kelebihan-kelebihan Singapura. Tentu ini mempermudah Kerjasama-kerjasama di masa yang akan datang,” ujar politisi yang dikenal dengan sapaan Gus Muhaimin setelah pertemuan.

Kepada Parlementaria, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa tersebut menjelaskan bahwa kedepannya peluang kerjasama tak sebatas antar pemerintah, terlebih di bidang pendidikan (government to government/G2G). Dijelaskannya sempat disinggung pula peluang Kerjasama Pemerintah Singapura dengan sekolah dan madrasah yang ada di tanah air terutama terkait pengaplikasian teknologi.

“Tadi saya mengusulkan selain Kerjasama G2G atau pemerintah ke pemerintah, kita berharap soal Pendidikan ini juga Kerjasama pemerintah ke masyarakat. Dalam artian kemajuan teknologi di Singapura bisa menjadi inspirasi atau pengungkit sekolah-sekolah, madrasah-madrasah di berbagai tempat di tanah air. Soal teknologi, soal skill kita pelajari nanti apa bisa kita adaptasikan,” jelas Legislator Dapil Jawa Timur VIII itu.

Turut hadir pada pertemuan tersebut, Politisi Fraksi PKB dari Komisi VI DPR RI Daniel Johan. Chan Chun Sing melakukan lawatan ke Indonesia dalam kapasitasnya sebagai presiden konsil organisasi menteri pendidikan di Asia Tenggara (‘President of Southeast Asian Ministers of Education Organisation (SEAMEO) Council’) dan direncanakan juga akan melakukan pertemuan dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (uc,rnm/aha)

Tim Redaksi

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)