Komisi VIII Sarankan Menag Lobi Arab Saudi Agar Mendapat Tambahan Kuota Jemaah

[Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto. Foto: Jaka/nvl]

 

Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto mengatakan masyarakat patut bersyukur atas putus Arab Saudi yang mengumumkan untuk membuka ibadah haji tahun 2022. Ia meminta Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas untuk melobi pemerintah Arab Saudi agar mendapat kuota maksimal bagi jemaah asal Indonesia.

 

“Alhamdulillah tahun ini jemaah asal Indonesia insyaallah berangkat ke tanah suci walaupun dengan kuota terbatas dan dengan pembatasan umur," kata Yandri dalam keterangan persnya, Senin (11/4/2022). Namun, kata Yandri, untuk jumlah pastinya tentu Indonesia masih menunggu keputusan pemerintah Arab Saudi.

 

Penetapan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) juga sangat bergantung pada kuota haji yang dialokasikan dan juga lamanya jemaah menetap di sana. "Ya sangat tergantung berapa lama jemaah haji di tanah suci dan lainnya," kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

 

Meskipun posisi Indonesia masih menunggu alokasi kuota, menurut Yandri, Kementerian Agama bisa melakukan lobi agar Arab Saudi memberikan kuota maksimal kepada Indonesia, dengan memanfaatkan kuota yang tidak terpakai oleh negara lain. "Lobi tetap bisa dilakukan biar dapat kuota maksimal atau kalau ada kuota negara lain yang enggak dipakai ini bisa dilobi untuk jadi tambahan kuota Indonesia," katanya. (tn/sf)

Tim Redaksi

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)