Komisi IV: Kawasan Hutan Bermanfaat Bagi Kelompok Tani

[Anggota Komisi IV DPR RI Sulaeman L. Hamzah (kiri) foto bersama saat mengikuti kunjungan kerja spesifik Komisi IV DPR RI meninjau kawasan hutan di Bukit Menoreh, Kulon Progo, DI Yogyakarta, Jumat (4/2/2022). Foto: Arief/Man]

 

Anggota Komisi IV DPR RI Sulaeman L. Hamzah mengatakan kawasan hutan yang direhabilitasi bisa menggunakan tanaman buah karena jauh lebih bermanfaat. Oleh karena itu, untuk jangka panjang kawasan hutan yang kritis bisa ditanami tanaman yang menghasilkan buah-buahan, karena ini sebuah terobosan yang baru dan luar biasa. Selain sebagai kawasan penyangga, tetapi juga bermanfaat bagi kelompok tani sekitar.

 

"Merehabilitasi kembali hutan dengan menanam pohon buah, menurut saya sebuah model terobosan baru. Perusahaan yang berusaha di sektor kehutanan maupun di pertambangan tentu yang berpengaruh pada lingkungan semestinya diterapkan model semacam ini,” kata Sulaeman usai mengikuti kunjungan kerja spesifik Komisi IV DPR RI meninjau kawasan hutan di Bukit Menoreh, Kulon Progo, DI Yogyakarta, Jumat (4/2/2022).

 

Berdasarkan informasi yang diterima, Anggota Fraksi Partai NasDem DPR RI itu menjelaskan, tanaman buah lebih evergreen dan penyediaan tanaman premium seperti tanaman durian musangking, durian Bawor, alpukat Kendil dan alpukat Aligator bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk sekitar. "Kawasan Menoreh termasuk menara air alami,  selain menanam tanaman buah dikhawatirkan menggangu kandungan air di Kawasan Bukit Menoreh,” katanya.

 

Sulaeman menambahkan daerah aliran sungai (DAS) yang berada di kawasan hutan harus tetap terjaga di bawah pengawasan pemerintah langsung, apabila ada yang rusak harus segera ditanami kembali untuk menghindari dan mencegah terjadinya bencana banjir, longsor dan sebagainya. "Upaya pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah sudah sesuai. Ke depannya jangan sampai kita meninggalkan sesuatu yang merugikan anak cucu kita,” pesan legislator daerah pemilihan (dapil) Papua itu. (afr/sf)

Tim Redaksi

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)