Komisi III Catat Banyak Kasus Besar Perlu Ditindaklanjuti Polda Sumsel

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir bertukar cinderamata dengan Kapolda Sumsel setelah Kunjungan Kerja Reses dengan jajaran Polda Sumsel dan BNNP Sumsel di Palembang, Sumsel, Senin (18/4/2022). Foto:Rdn/Pdt

 

Komisi III DPR RI yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir melaksanakan Kunjungan Kerja Reses dalam Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2021-2022 ke Sumatera Selatan. Salah satu agenda kunker tersebut adalah melakukan pengawasan kinerja terhadap mitra Kepolisian Daerah Sumsel. Adies menilai banyak kasus besar di Sumsel yang menarik perhatian masyarakat dan perlu segera ditindaklanjuti jajaran Polda Sumsel.

 

“Seperti, kejahatan narkotika, korupsi, pelanggaran hukum terhadap sumber daya alam, dan lainnya yang menghiasi media. Ditambah pula dengan persoalan ekonomi, baik nasional maupun global, yang mempengaruhi situasi masyarakat sehingga berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban,” ujar Adies dalam sambutannya dalam pertemuan Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi III DPR RI dengan jajaran Polda Sumsel dan BNNP Sumsel di Palembang, Sumsel, Senin (18/4/2022).

 

Oleh karena itu, Adies meminta agar Polda Sumsel menyampaikan perihal capaian, target, dan evaluasi kinerja, termasuk kebutuhan anggaran yang masih jadi hambatan dalam mewujudkan sistem pelayanan hukum yang berkeadilan, dan bertata kelola yang akuntabel dan profesional. “Dalam kunker kali ini Komisi III DPR RI juga memandang perlu mendapatkan penjelasan terkait persiapan keamanan mudik, kebutuhan sembako masyarakat menjelang Hari Raya Idulfitri,” jelas Adies.

 

Terakhir, Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI ini menegaskan, Komisi III DPR RI juga ingin mendengar masukan dan partisipasi publik seluas-luasnya terkait pembahasan RUU KUHPerdata dan RUU Narkotika yang akan segera dilakukan pembahasan. “Komisi III DPR RI membuka masukan dari mitra daerah agar dapat disampaikan secara langsung maupun via email,” tutup Adies.

 

Hadir pula Anggota Komisi III DPR RI Mulfachri Harahap, I Wayan Sudirta, Adde Rosi Khoerunnisa, Sari Yulita, Bimantoro Wiyono, Taufik Basari, Heru Widodo, Didik Mukrianto,  Agung Budi Santoso, Achmad Dimyati Natakusumah, Nazaruddin Dek Gam, dan Siti Nurizka Puteri Jaya. Komisi III DPR RI diterima Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto, dan Kepala BNNP Sumsel Brigjen Pol Djoko Prihadi beserta jajaran. (rdn/sf)

Tim Redaksi

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)