Komisi II Evaluasi Kinerja Pemda, Program KTP-El, Seleksi CPNS, dan Ketataruangan di Kota Batam

[Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung. Foto: Ridwan/jk]

 

 

 

 

Komisi II DPR RI dipimpin Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung melaksanakan Kunjungan Kerja Reses ke Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Doli menjelaskan, kunjungan ini pada dasarnya adalah dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsi DPR RI, yakni fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan.

 

“Sekaligus untuk menampung serta menindaklanjuti aspirasi dan pengaduan masyarakat,” jelas Doli saat memberikan sambutan dalam pertemuan dengan jajaran Pemerintah Kota Batam, di Kantor Wali Kota Batam, Senin (21/2/2022). Dalam penjelasannya, Doli menekankan kunjungan ini menitikberatkan perhatian pada empat topik utama, yaitu, pertama, penyelenggaraan pemerintah daerah, terutama dalam kaitaanya dengan pelaksanaan publik yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Batam di masa pandemi Covid-19.

 

Kedua, lanjut Doli terkait Program KTP-Elektronik. “Yaitu bagaimana hasil evaluasi dan perkembangan dari program ini di wilayah Kota Batam. Termasuk, kami ingin mendengara berbagai permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah Kota Batam dalam pelaksanaan program ini,” tambah Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI ini.

 

Ketiga, evaluasi terhadap proses Seleksi Penerimaan CPNS tahun 2021. Yaitu, berkaitan dengan koordinasi dilakukan oleh pemerintah daerah dengan Kantor Regional Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dan instansi terkait lainnya. “Serta hal-hal yang perlu menjadi perhatian sebagai upaya untuk lebih meningkatkan kualitas pelaksanaan seleksi CPNS di masa yang akan datang,” jelasnya.

 

Terakhir, kata Doli, hal-hal yang berkaitan dengan isu ketataruangan di wilayah Kota Batam. Terutama kendala yang dihadapi dalam hal menyinkronkan penyusunan perencanaan tata ruang, pemanfaatan ruang, dan pengendalian pemanfaatan ruang dengan Rencana Tata Ruang wilayah provinsi maupun nasional.

 

Hadir pula dalam kunjungan ke Kota Batam ini Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa, dan sejumlah Anggota Komisi II DPR RI, di antaranya Komarudin Watubun, Anwar Hafid, Jhon Kenedy Aziz, Ahmad Muzani, Aminurokhman, Subardi, Abdul Wahid, Prasetyo Hadi, dan Chairul Anwar. Komisi II DPR RI disambut Wali Kota Batam Muhammad Rudi bersama jajaran. (rdn/sf)

Tim Redaksi

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)