Komisi I Lakukan Pengawasan Terhadap Kodam XIII Sulawesi Utara

[Wakil Ketua Komisi I DPR RI RI Abdul Kharis Almasyhari saat memimpin Tim Kunker Reses Komisi I DPR RI dengan Panglima Komando Daerah Militer XIII/Merdeka di Markas Kodam XIII/Merdeka, Manado, Provinsi Sulawesi Utara, Senin, (10/10/2022). Foto: Hanum/nvl]

Komisi I DPR RI Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022-2023 melakukan kunjungan kerja reses yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi I DPR RI RI Abdul Kharis Almasyhari ke Komando Daerah Militer XIII/Merdeka (Kodam XIII/MDK), Manado, Provinsi Sulawesi Utara. Tim ingin mengetahui peran Kodam dalam menciptakan kondisi wilayah yang tangguh terhadap potensi ancaman di provinsi tersebut.

Sebab diketahui, Kodam XIII/Merdeka memiliki tanggung jawab Luas wilayah yakni sekitar 95.741 KM2 dengan wilayah tanggung jawab yang meliputi 3 Provinsi yakni Prov. Sulawesi Utara, Prov. Gorontalo dan Prov. Sulawesi Tengah. Dimana juga memiliki batas wilayahnya di sebelah utara yang berbatasan dengan Filipina.

“Oleh karena itu, jika dilihat berdasarkan tugas pokok TNI dan berdasarkan letak geografi yang dimiliki Prov. Sulawesi Utara, wilayah Kodam XIII/MDK dinilai krusial dan berpotensi memunculkan banyak kerawanan, baik yang berasal dari dalam negeri maupun dari luar negeri,” ungkap Kharis usai memimpin Tim Kunker Reses Komisi I DPR RI dengan Panglima Komando Daerah Militer XIII/Merdeka di Markas Kodam XIII/Merdeka, Manado, Provinsi Sulawesi Utara, Senin, (10/10/2022).

Disamping itu, tak lupa Kharis pun memberikan apresiasi kepada Kodam XIII/MDK atas kinerja dan profesionalitasnya ditengah keterbatasan dan cakupan wilayah yang sangat luas, Kodam XIII/MDK mampu bekerja dengan maksimal. “Kami (Komisi I DPR RI) mengapresiasi penjelasan Pangdam XIII/Merdeka mengenai peran dan kiprah Kodam XIII/Merdeka dalam menangkal berbagai kerawanan dan ancaman di wilayah tugas sesuai dengan tugas pokok TNI,” ucap Kharis.

Namun demikian, Kharis menambahkan bahwa Komisi I DPR RI juga meminta Kodam XIII/Merdeka untuk dapat terus meningkatkan sinergi dan koordinasi dengan instansi terkait guna terpeliharanya kondisi wilayah yang aman dan kondusif.

“Dalam hal ini, seluruh masukan-masukan, gambaran tentang wilayah Kodam XIII/MDK yang telah kami terima pada saat pertemuan, akan kita (Komisi I DPR RI) tindak lanjuti pada saat Rapat di Pusat nanti dengan Pemerintah. Karena Komisi I DPR RI ingin sekali memperjuangkan perbaikan dari seluruh hal yang berkaitan dengan teman-teman di seluruh Kodam khususnya Kodam XIII/MDK ini,” tegas Kharis. (hnm/aha)

Tim Redaksi

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)