Komisi I Dukung Penanganan Pandemi dan Program Vaksinasi oleh Lanud Adisutjipto

Wakil Ketua Komisi I DPR RI Anton Sukartono Suratto memimpin Tim Kunspek Komisi I DPR RImeninjau Vaksinasi oleh Lanud Adisutjipto. Foto: Sofyan/nvl

Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi I DPR RI memberikan apresiasi kepada Satgas Covid-19 Lanud Adisutjipto dalam menjalankan perannya terkait penanganan pandemi Covid-19 dan pelaksanaan program vaksinasi nasional sesuai tugas pokok TNI. Selain itu, Komisi I DPR RI juga mendorong Satgas Covid-19 Lanud Adisutjipto menyelenggarakan vaksinasi nasional yang mampu menyasar masyarakat secara luas di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 

Wakil Ketua Komisi I DPR RI Anton Sukartono Suratto mengungkapkan hal tersebut saat memimpin pertemuan Tim Kunspek Komisi I DPR RI dengan Danlanud Adisutjipto Kolonel Pnb M. Yani Amirullah beserta jajaran, di Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo, DIY, Jumat (27/8). Usai pertemuan, Tim Kunspek Komisi I DPR RI meninjau langsung kegiatan vaksinasi Covid-19 di kawasan Bandara YIA. 

“Vaksinasi di sini berjalan tertib. Mereka (peserta vaksinasi) registrasi, lalu antre untuk menunggu dipanggil. Setelah vaksin mereka observasi dulu selama 30 menit. Mereka (Lanud Adisutjipto) satu jam bisa vaksinasi 300 orang. Target mereka per harinya 2.500 orang, sekarang bisa 3 ribu orang, bahkan lebih. Jadi memang saya lihat dari tempat vaksinnya, penyelenggaraannya, ini yang menurut saya yang paling bagus di Indonesia,” apresiasi Anton. 

Politisi Partai Demokrat itu mengakui, untuk mencapai herd community semakin sulit, sehingga harapannya dengan vaksinasi dapat mencapai herd protection. “Kita berharap semua orang divaksin, jangan sampai tidak ada orang yang tidak vaksin. Saya berharap kebutuhan vaksin juga akan didukung dari produksi dalam negeri. Sehingga kita juga tidak tergantung dengan vaksin dari negara lain. Ibaratnya (jika sudah produksi vaksin sendiri), kita sudah ada payung, jadi kalau ada hujan kita sudah siap,” imbuh Anton.

Sebelumnya, Danlanud Adisutjipto Kolonel Pnb M. Yani Amirullah menjelaskan, pihaknya melakukan kegiatan vaksinasi di Lapangan Terbang Gading, Wonosari, Gunung Kidul, dan Bandara YIA, Kulon Progo sasaran penerima vaksin per harinya sebanyak 2.500 orang di masing-masing lokasi. Per 18 Agustus 2021 lalu, capaian vaksinasi di Gunung Kidul sudah mencapai 29,59 persen, dan Kulon Progo sebanyak 30,08 persen. 

“Kami tidak akan berhenti melakukan vaksin sampai perintah dihentikan. Selama Covid masih ada dan program vaksinasi terus berjalan, kami akan melakukan vaksinasi.  Kami juga melakukan kerja sama dengan berbagai pihak untuk menjalankan vaksinasi, seperti komunitas, sekolah, komunitas sepeda, komunitas kendaraan, kami membuka diri,” papar Yani kepada Tim Kunspek Komisi I DPR RI.  sf

Tim Redaksi

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)