Komisi I Apresiasi Program Riil Kodam II Sriwijaya Bantu Masyarakat Palembang

[Ketua Tim Kunker Komisi I DPR RI, Bobby Adhityo Rizaldi saat bertukar cenderamata usai saat memimpin pertemuan dengan Pangdam Kodam II Sriwijaya serta jajaran. Foto: Mentari/nr]

Komisi I DPR RI melakukan Kunjungan Kerja ke Komando Daerah Militer II/Sriwijaya (Kodam II/SWJ) dalam rangka mendengarkan perannya dalam menjalankan tugas dan pokok institusi TNI. Termasuk, mendengar apa saja kendala dalam menjalankan tugas negara dalam segi keamanan dan pertahanan serta perannya dalam membantu masyarakat Palembang.

Hal itu disampaikan Ketua Tim Kunker Komisi I DPR RI, Bobby Adhityo Rizaldi, saat memimpin pertemuan dengan Pangdam Kodam II Sriwijaya serta jajaran di Kodam II Sriwijaya, Palembang l, Sumatra Selatan.

“Maksud dan tujuan kunker ini adalah Komisi I DPR RI ingin mendalami peran Kodam II Sriwijaya dalam melaksanakan tugas pokok TNI, baik dalam Operasi Militer Untuk Perang dan Operasi MIliter Selain Perang, dengan dukungan Alutsista, sarana dan prasarana, serta kesejahteraan TNI”, jelas Bobby, Jumat (25/11/2022).

Senada dengan Bobby, Anggota Komisi I DPR RI lainnya, Christina Aryani menambahkan kunker ini juga untuk melihat bagaimana kesiapan Kodam II dalam menjalankan fungsinya. Oleh karena, wilayah kerja yang ditangani Kodam II tersebut, cukup besar, yang meliputi lima provinsi.

“Sehingga, tadi kita mendengarkan paparan bagaimana kesiapan mereka dalam melakukan tugas sehari-harinya dan tidak hanya tugas yang sudah menjadi tupoksi tapi juga pembinaan teritorial,” tambah Christina.

Legislator Dapil Jakarta II ini juga apresiasi adanya kegiatan produktif yang dilakukan oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang memiliki program ‘Babinsa Masuk Dapur’. Sebab, program itu menjadi salah satu program riil dalam membantu masyarakat.

“Kami juga senang mendengar ada banyak sekali fungsi-fungsi pembinaan teritorial yang dilakukan seperti tadi ada Babinsa Masuk Dapur. Ini yang kami rasa program riil untuk membantu masyarakat lalu. Juga ada Tentara Manunggal Masuk Desa yang berjalan dengan baik. Demikian juga Pembinaan Kampung Pancasila dan masih banyak program lainnya, salah satunya pemanfaatan lahan tidur yang ternyata hasilnya juga berhasil membantu perekonomian masyarakat dan juga akan bahan pangan”, jelasnya.

Karena itu, ia berkomitmen bahwa hasil pertemuan ini akan menjadi salah satu agenda yang akan dibahas dalam rapat Komisi I di DPR RI beberapa waktu ke depan.

“Tentunya apa yang kami dapatkan hari ini akan menjadi bahan rapat di komisi. Juga hadir tadi perwakilan dari angkatan darat dari pusat langsung untuk mencatat apa-apa saja yang diperlukan, agar Kodam II Sriwijaya bisa menjalankan fungsinya dengan baik lagi ke depannya”, jelasnya usai menghadiri pertemuan •mri/rdn

Tim Redaksi

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)