Kolaborasi Pemerintah dan Perusahaan Rintisan Diharapkan Guna Kelola Sampah di Pasar Cikopo

[Anggota Komisi IV DPR RI Luluk Nur Hamidah saat meninjau Pasar Cikopo di Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat Senin (28/11/2022). Foto: Nadhen/Man]

Anggota Komisi IV DPR RI Luluk Nur Hamidah berharap agar pemerintah bisa berkolaborasi dengan perusahaan start-up (rintisan) anak-anak muda untuk mengelola sampah di pasar. Ia mengungkapkan hal tersebut usai meninjau pengelolaan sampah di Pasar Cikopo yang berada di Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Ia menilai dengan adanya perusahaan teknologi start-up bisa membuat pengelolaan sampah di pasar menjadi lebih baik.

Di sisi lain, menurut Luluk, pengelolaan sampah di Pasar Cikopo sudah cukup baik. Alasannya, tempat pembuangan sampah di pasar modern yang diresmikan sejak 2016 itu mudah dijangkau. Selain itu, tempat pembuangan sampah itu juga sudah tertata dengan rapi.

“Saya kira tadi (pengelolaan sampah Pasar Cikopo) lumayan ya. Maksudnya, lumayan itu relatif (baik) dibandingkan misalkan kayak Pasar Kramat Jati kan kacau balau,” ujar Luluk kepada Parlementaria usai peninjauan, Senin (28/11/2022).

Luluk kemudian menyoroti mekanisme pembuangan sampah di tempat pengelolaan sampah Pasar Cikopo. Politisi PKB itu menyebutkan pengelola pasar harus memastikan fungsi kelayakan tempat pengelolaan sampah tersebut. Hal itu menjadi penting, sebab, menurutnya, dapat menentukan alur pembuangan sampah di tempat itu.

“Nah, cuma yang di sana (Pasar Cikopo) yang kita harapkan juga gak terjadi penumpukan (sampah) yang sangat besar. Jadi, apakah di situ sebagai tempat pembuangan akhir ataukah itu terminal, ini kan juga penting,” ucapnya. •ndn/rdn

Tim Redaksi

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)