Keketuaan ASEAN 2023, Kemenlu Diingatkan untuk Berpegang Teguh pada Cita-Cita Kemerdekaan

Anggota Komisi I DPR RI Mohammad Idham Samawi dalam Rapat Kerja Komisi I dengan Kemenlu di Ruang Rapat Komisi I, DPR RI, Senayan Jakarta, Senin (30/01/2023). Foto: Eno/Man

Anggota Komisi I DPR RI Mohammad Idham Samawi dalam Rapat Kerja Komisi I dengan Kemenlu di Ruang Rapat Komisi I, DPR RI, Senayan Jakarta, Senin (30/01/2023). Foto: Eno/Man

Anggota Komisi I DPR RI Mohammad Idham Samawi mengingatkan Menteri Luar Negeri dan seluruh jajaran Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk selalu berpegang teguh pada cita-cita keempat dari tujuan kemerdekaan Indonesia. Sebab cita-cita kemerdekaan Indonesia itu merupakan sebuah harapan dan amanah dari para pemimpin bangsa sebelumnya. 

Hal ini disampaikan Idham terkait dengan telah berlangsungnya serah-terima Keketuaan Indonesia dalam KTT ASEAN dari Kamboja ke Indonesia yang dilakukan pada KTT ASEAN ke-42 di Phnom Penh bulan November 2022 lalu. 

“Ibu Menteri Luar Negeri beserta seluruh jajaran, saya sekali lagi ingin mengingatkan saja bahwa cita-cita kemerdekaan kita yang keempat, (yaitu) ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, keadilan sosial. Itu dijabarkan di Batang Tubuh Undang-Undang Dasar kita. Mohon Bu Menlu dan jajaran pelajari betul,” tutur Idham dalam Rapat Kerja Komisi I dengan Kemenlu di Ruang Rapat Komisi I, DPR RI, Senayan Jakarta, Senin (30/01/2023).

Idham menilai bahwa cita-cita keempat kemerdekaan Indonesia itu merupakan tugas pokok dari Presiden Republik Indonesia yang didelegasikan ke jajaran Kemenlu. Oleh karena itu, perlu diperhatikan implementasinya dalam program-program dan kegiatan yang diselenggarakan Kemenlu ke depannya agar cita-cita itu dapat terwujud. 

Legislator Dapil D.I. Yogyakarta ini juga menuturkan bahwa dengan Indonesia menjadi Ketua ASEAN merupakan sebuah hal yang dapat dijadikan motivasi dan momentum untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan Indonesia. Ia juga memperingatkan Kemenlu untuk selalu waspada karena kondisi ketertiban dunia sedang tidak baik-baik saja.

“Apalagi ketika hari ini Indonesia menjadi Ketua ASEAN. Apalagi ke depan ini dunia kita ini tidak bukan semakin baik-baik saja gitu soal ketertibannya. Mohon untuk bagaimana Kementerian Luar Negeri bisa memberikan masukkan yang konkret kepada Presiden Republik Indonesia berkaitan posisi Indonesia yang sebagai Ketua ASEAN dalam rangka ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, keadilan sosial,” tutup Politisi Fraksi PDI-Perjuangan ini. •gam,hal/rdn

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)