IPU 2022, Indonesia Berkomitmen untuk Berperan Aktif Selesaikan Masalah Global

[Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani saat memberikan Konferensi Pers IPU bersama Presiden IPU dan Sekretaris Jenderal IPU di Bali International Convention Center (BICC). Foto: Runi/nvl]

 

Menuju pembukaan penyelenggaraan Sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 di Bali, Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani menyatakan Indonesia sangat bangga dan merasa terhormat sebagai tuan rumah. Ia menekankan bahwa Indonesia dapat berperan aktif dalam penyelesaian berbagai masalah global.

 

Puan juga melaporkan, di tengah situasi pandemi ini, Sidang IPU akan dihadiri oleh 115 negara dan delegasi sebanyak 1000 orang. Sementara ketua parlemen negara anggota IPU yang akan hadir berjumlah 33 orang.

 

"Tentu saja hal ini membuktikan bahwa Indonesia negara yang dipercaya oleh dunia internasional karena dianggap mampu, dan nyaman serta aman dalam menyelenggarakan IPU ke-144 ini," terang Puan saat memberikan Konferensi Pers IPU bersama Presiden IPU dan Sekretaris Jenderal IPU di Bali International Convention Center (BICC), di Nusa Dua, Bali, Sabtu (19/3/2022).

 

Adapun kata Puan, Indonesia sebagai tuan rumah dan penyelenggara, maka secara otomatis Ketua DPR RI akan memimpin seluruh persidangan sebagai President of Assembly. Ia pun berharap Indonesia dapat mencapai keseluruhan resolusi yang akan dapat diadopsi.

 

"Agar dapat menyelesaikan masalah Global yang penting dan dianggap perlu, untuk mendapatkan perhatian seluruh komunitas yang ada di dunia," tegas Puan.

 

Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) periode 2014-2019 itu juga menekankan posisi Indonesia serta perannya untuk dapat menyelesaikan kebijakan yang ada di dunia internasional secara bersama-sama.

 

"Tema IPU kali ini adalah tentang perubahan iklim (climate change) dan tema-tema yang lain tentu saja akan kami bahas. Mulai terkait dengan pandemi Covid-19, Sustainable Development Goals (SDGs), kesetaraan gender demokrasi dan hak asasi manusia, serta bagaimana perdamaian dan keamanan di dunia dapat tercipta sebagai satu kesatuan," urai Puan.

 

Dalam kesempatan yang sama, Presiden IPU Duarte Pacheco mengapresiasi Indonesia sebagai tuan rumah sidang IPU kali ini. "Kita semua, IPU dan Indonesia berbagi nilai yang sama. Kita semua berusaha gotong royong dalam mengatasi perubahan iklim serta membangun masyarakat dan mendorong demokrasi," paparnya. (ah/es)

 

#IPU144

#ZeroEmission

#StopClimateChange

Tim Redaksi

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)