Hadiri Bazar UMKM Lubang Buaya, Anis Apresiasi UMKM Kembali Bangkit

[Anggota Komisi XI DPR RI Anis Byarwati saat menghadiri Bazar Komunitas UMKM Lubang Buaya, di Pelataran Teater Imax Keong Mas Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Jumat (24/12/2021). Foto: Ist/Man]

 

Anggota Komisi XI DPR RI Anis Byarwati mengatakan kerja sama banyak pihak untuk meningkatkan produktivitas UMKM perlu terus dilakukan. Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri Bazar Komunitas UMKM Lubang Buaya, di Pelataran Teater Imax Keong Mas Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Jumat (24/12/2021).

 

"Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk kerja sama yang baik untuk meningkatkan daya tarik bagi pengunjung TMII dengan adanya Bazar. Semoga acara ini menjadi stimulus bagi UMKM untuk dapat tumbuh dan bangkit kembali," ungkapnya. Anis berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan taraf pendapatan para pelaku UMKM serta dapat membantu peningkatan perekonomian negara. 

 

"Struktur perekonomian negara kita 99,9 persen ditopang oleh UMKM dan menurut data Kementerian Koperasi dan UKM,  sebanyak 96,92 persen tenaga kerja diserap berasal dari UMKM. Oleh karena itu kontribusi UMKM terhadap pendapatan negara sangat besar.  Jadi apabila UMKM kita dapat tumbuh, tangguh, dan mampu berdaya saing, maka struktur ekonomi Indonesia akan semakin terbantu dan maju," kata Anis.

 

Selain itu, Anis juga mendorong agar UMKM bisa naik kelas. Di antaranya melakukan penyesuaian dengan kemajuan teknologi digital. "Pada tahun 2021 ini, ada 64,2 juta pelaku UMKM dan hanya 19 persen yang sudah onboarding di ekosistem digital atau sekitar 12 juta UMKM.  UMKM Lubang Buaya perlu meningkatkan kualitas dan produktivitasnya dengan masuk kedalam pemasaran online," paparnya.

 

Dalam kunjungannya, politisi Fraksi  PKS ini berkeliling melihat bazar UMKM dan mengapresiasi kerjasama seluruh pihak sehingga acara Bazar UMKM ini dapat terselenggara. Anis juga menyapa dan berdialog dengan peserta Bazar UMKM yang sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

 

Turut hadir dalam acara ini Ketua Komunitas UMKM Lubang Buaya Eko Wahyu Samodra, Direktur Eksekutif TMII I Gusti Putu Ngurah Sedana, Pembina UMKM Lubang Buaya Mas'ud Thayib, Camat Cipayung Panangaran Ritonga, serta sekitar 50 pelaku UMKM  peserta bazar. (bia/es)

Tim Redaksi

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)