Gilang Dhielafararez Terima Masukan Peserta LOBO untuk Sidang IPU ke-144

[Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) Gilang Dhielafararez menerima satu bundel berkas yang berisi masukan dari peserta Lomba Orasi Bintang Orator (LOBO) yang disampaikan langsung oleh Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR RI Indra Pahlevi di Nusa Dua, Bali, Senin (21/3/2022). Foto: Runi/Man]

 

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) Gilang Dhielafararez menerima satu bundel berkas yang berisi masukan dari peserta Lomba Orasi Bintang Orator (LOBO) yang disampaikan langsung oleh Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR RI Indra Pahlevi. Masukan-masukan tersebut merupakan hasil penjaringan yang dilaksanakan oleh Panitia LOBO sejak 1 maret – 20 maret 2022.

 

“Terimakasih atas masukan dari para peserta LOBO, karena seperti yang sudah saya dengar juga, ini merupakan masukan dari teman-teman di seluruh Indonesia. Ini tentunya akan kita bawa ke teman-teman parlemen yang ada di sini, di saat Sidang IPU ini,” ujar Gilang di Nusa Dua, Bali, Senin (21/3/2022).

 

Gilang mengatakan, bahwa masukan-masukan tersebut sangat berharga bagi parlemen. Dia juga mengapresiasi kepedulian dan keaktifan anak muda dalam membantu menyelamatkan bumi dari perubahan iklim (climate change).

 

“Garis besar orasi (yang disampaikan peserta lomba) adalah mereka sangat konsen terhadap perubahan iklim. Ini merupakan hal yang bagus, mengingat anak muda nantinya adalah generasi penerus bangsa. Adanya ketertarikan dan kepedulian mereka terhadap lingkungan hidup merupakan suatu hal yang baik dan harus kita syukuri,” terang politisi Fraksi PDI-Perjuangan itu.

 

Diakui Gilang, pelibatan generasi muda terhadap pengambilan keputusan memang sangat diperlukan. Karena, mereka memiliki perspektif sendiri dalam memandang suatu permasalahan. “Kadang mereka punya ide, namun takut mengutarakan. Dengan melibatkan anak-anak muda, berarti kita memandang suatu hal dari sisi yang berbeda, yaitu dari sudut pandang generasi Z,” tukas Gilang.

 

“Saya lihat, sekarang anak muda sudah mulai peduli, apalagi sudah banyak gerakan yang dilakukan oleh anak muda. Salah satunya adalah mengurangi sampah plastik. Saya rasa semua bisa memulai dari hal yang kecil,” sambungnya.

 

Diketahui, Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR RI mengadakan Lomba Orasi Bintang Orator (LOBO) ke-11. Kegiatan yang mengangkat tema ‘Perubahan Iklim Semakin Mengancam Dunia’ ini diikuti oleh 122 peserta dari seluruh Indonesia termasuk 1 peserta dari Malaysia. Tema tersebut menyesuaikan dengan tema Sidang IPU ke-144 yaitu Getting to Zero: Mobilizing Parliaments to act on Climate Change.

 

Masing-masing peserta disyaratkan untuk mengirimkan video dengan durasi 5 menit. Dari jumlah peserta tersebut, akan dipilih 9 peserta untuk memasuki babak final. Dan selanjutnya Wakil Ketua BKSAP DPR RI Gilang Dhielafararez akan memilih 3 peserta terbaik yang akan menerima trophy, pembinaan dan bingkisan menarik dari DPR RI. (es)

Tim Redaksi

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)