Edy Wuryanto Ungkap Keluhan Nakes Honorer Terkait Pengangkatan PPPK

[Anggota Komisi IX DPR RI Edy Wuryanto saat mengikuti Tim Kunker Komisi IX DPR RI meninjau RSUD Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Senin (27/12/2021). Foto: Rizki/Man]

 

Anggota Komisi IX DPR RI Edy Wuryanto mengatakan, tenaga Kesehatan (Nakes) non Aparatur Sipil negara (ASN) atau Nakes Honorer masih banyak yang belum mendapatkan status dan kesejahteraan layak. Padahal, jasa mereka sangat besar dalam melayani masyarakat, terutama di masa pandemi ini.

 

“Jadi Nakes Non ASN jumlahnya ternyata besar, posisi mereka sangat vital apalagi di tengah masa pandemi Covid-19 ini,” jelas Edy saat mengikuti Tim Kunker Komisi IX DPR RI meninjau RSUD Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Senin (27/12/2021).

 

Terkait masalah status dan kesejahteraan nakes non ASN, Edy menilai hal tersebut perlu menjadi perhatian pemerintah dan masalah tersebut perlu untuk segera diselesaikan. “Saya kira ini persoalan penting yang harus didengar oleh pemerintah, terutama oleh Kemenkes, Kemenpan-RB, Kemendagri dan Kemenkeu,” ujarnya.  

 

Edy mengungkapkan bahwa Panja Nakes Honorer yang dibentuk Komisi IX DPR RI saat ini tengah berupaya untuk segera menyelesaikan seluruh persoalan tenaga kesehatan honorer di Indonesia. Ia secara pribadi berharap, upaya tersebut dapat menghasilkan formasi baru pada tahun 2022, khusus bagi nakes. “Mudah-mudahan, harapan saya pada tahun 2022 ada formasi khusus bagi nakes non ASN,” pungkasnya. (rr/es)

Tim Redaksi

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)