DPR Apresiasi Terbentuknya BUMDes Bersama Situbondo

Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel menerima cenderamata usai menerima audiensi Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) dan BUMDes Situbondo. Foto: Andri

Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel menyambut baik terobosan yang dilakukan oleh masyarakat Situbondo, Jawa Timur yang telah membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bersama. Diketahui, BUMDes Bersama Situbondo dibentuk secara gotong royong dan merupakan gabungan dari 60 desa se-Kabupaten Situbondo. 

“Ini (BUMDes Bersama) yang pertama yang saya dengar. Ini saya kira perlu didorong dan diperkuat. Karena apa? Kalau BUMDes-nya berjalan sendiri-sendiri, dia tidak akan begitu kuat. Bandingkan saja dengan 60 desa yang bergabung menjadi satu,” terang Gobel saat menerima audiensi jajaran Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) dan BUMDes Situbondo di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (17/9). 

BUMDes Bersama Situbondo, menurut Gobel banyak memberikan nilai tambah, sehingga layak untuk dijadikan role model bagi BUMDes di daerah lain. “Misalnya dari 60 desa, salah satunya penghasil sayur, desa yang lain menghasilkan apa. Nah, satu desa tersebut kalau bisa memenuhi kebutuhan 60 desa lainnya, itu sudah memberikan keuntungan tersendiri. Hal seperti ini mesti kita dorong,” tuturnya. 

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangungan (Korinbang) ini menyarankan agar pihak BUMDes Bersama Situbondo mulai memetakan potensi yang ada, menghimpun sumber daya manusia (SDM) kemudian mulai merumuskan visi BUMDes yang disesuaikan dengan keragaman yang dimiliki. 

“Insya Allah nanti saya akan ke Situbondo. Bagaimana kita harus membuat BUMDes Bersama ini menjadi bagian daripada memperkuat NKRI, karena BUMDes bukan hanya sekedar bisnis. Dan akan lebih bagus lagi kalau koperasi desa dimasukkan sebagai pemegang saham. Karena koperasi sahamnya milik rakyat. Dengan begitu, bantuan-bantuan dari pusat akan turun,” tandas politisi Partai NasDem itu. 

Ditemui usai audiensi, Ketua BUMDes Bersama Situbondo Juharto berharap agar ada sebuah regulasi yang menjadi payung hukum terkait BUMDes yang didirikan atas beberapa desa. Ia juga berharap agar ada suntikan dana dari pemerintah guna mengembangkan kegiatan usaha yang makin berpihak kepada masyarakat. 

“Sementara ini kami melayani simpan pinjam. Ke depan akan berkembang seperti peternakan dan usaha lainnya jika regulasi yang mengatur BUMDes Bersama sudah ada. Dan terimakasih karena sudah difasilitasi oleh Bapak Rachmat Gobel,” pungkas Juharto.  es

"Agar pihak BUMDes Bersama Situbondo mulai memetakan potensi yang ada, menghimpun sumber daya manusia (SDM) kemudian mulai merumuskan visi BUMDes."

Tim Redaksi

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)