Delmeria Nilai Program Revitalisasi KUA Kemenag Tidak Jelas

[Anggota Komisi VIII DPR RI Delmeria dalam Rapat Kerja Komisi VIII DPR RI dengan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, di ruang rapat Komisi VIII DPR RI, Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta Senin (24/1/2022). Foto: Jaka/Man]

 

Anggota Komisi VIII DPR RI Delmeria menilai Kementerian Agama tidak komunikatif dalam menjalankan program-programnya. Salah satunya adalah soal revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) yang tidak jelas. Ia menyayangkan sikap Kemenag yang terlalu tertutup kepada Komisi VIII DPR RI yang menjadi mitra kerjanya.

 

“Ditanya (program) ada ketertutupan, kami ini bukan minta uang, kami ingin lihat seperti apa progresnya, sampai sekarang tidak jelas apa yang dijalankan. Bunyinya aja ada, tidak jelas mana di lapangan, kita tidak dapat berita itu,” ungkap Delmeria dalam Rapat Kerja Komisi VIII DPR RI dengan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, di ruang rapat Komisi VIII DPR RI, Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta Senin (24/1/2022).

 

Politisi Partai NasDem ini menegaskan bahwa Komsi VIII DPR RI merupakan mitra kerja Kemenag. Jadi, ia meminta agar jajaran Kemenag lebih terbuka lagi kepada Komisi VIII terkait pelaksanaan program. “Kalau kami tanya, kami ingin adanya keterbukaan antara kita dengan Kemenag yang menjadi mitra kerja kami, perhatikan kami, kami tidak ingin proyek,” kilah legislator dapil Sumatera Utara II tersebut.

 

Menjawab itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas setuju bahwa komunikasi merupakan hal penting. Ia menegaskan kepada jajarannya untuk dapat lebih responsif lagi dalam berkomunikasi dengan para stakeholder, seperti Komisi VIII. “Soal komunikasi, ini saya setuju bahwa ini penting, kalau ada jajaran tidak memberi respon, sampaikan ke saya supaya langsung eksekusi. Saya butuh kinerja yang cepat dan responsif serta komunikasi yang baik (dari jajaran Kemenag) dengan para DPR,” tutur Menag Yaqut. (tn/sf)

Tim Redaksi

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)